‘Mewarnai’ Kota Saat Hujan Turun

Musim hujan identik dengan suasana sendu. Langit kelabu yang diliputi udara sejuk seakan ‘memaksa’ kita untuk tetap tinggal dan bermalas-malasan di rumah. Menyikapi hal ini, sejumlah desainer punya cara seru untuk membangkitkan semangat masyarakat di Korea Selatan. Bekerjasama dengan salah satu manufaktur cat, mereka mengubah jalan-jalan utama di kota Seoul menjadi semarak dan berwarna di saat hujan turun.

Proyek bernama “Monsoon Project” ini terinspirasi dari budaya Korea Selatan yang menekankan pentingnya aliran sungai. Aplikasi mural pun memanfaatkan topografi Korea yang menghasilkan aliran serta genangan air hujan di tiap jalan agar jalanan terlihat ‘hidup’ dan berwarna. Adapun nama ‘Monsoon’ dipilih untuk memperingati angin muson tahunan yang membuat kota tersebut diguyur hujan selama kurang lebih tiga minggu berturut-turut.

Pada prosesnya, tim desainer menggunakan cat hydrochromatic dimana warna cat tak akan muncul jika tak dibasahi. Jadi, Anda tak akan menemukan goresan mural cantik saat cuaca sedang cerah. Sebaliknya, saat hujan turun, kota Seoul akan berubah menjadi “kanvas” seni yang mampu menghidupkan suasana kota.

Foto : Boredpanda

LEAVE A REPLY