Miniature Calendar dari Tatsuya Tanaka

Pernahkah melihat kegiatan yang dilakukan manusia dalam bentuk sebuah diorama? Bila melihat miniature calendar, Anda akan mudah mengenali beragam aktivitas tersebut. Tatsuya Tanaka, pria asal Jepang ini sudah hampir empat tahun belakangan menciptakan adegan sehari-hari manusia menggunakan figurine yang dikombinasikan dengan benda-benda di sekitarnya.

slanting rain

Sesuai dengan namanya, miniature calendar, proyek diorama Tatsuya tersebut dibuat per tanggal, satu adegan setiap harinya sejak tahun 2011. Kini, sudah lebih dari 1.000 adegan yang dia ciptakan dan tentu masih akan bertambah. Namun, siapa yang megira bahwa proyek ini bermula dari komentar salah satu pengikutnya di instragram? Komentar yang mengatakan bahwa dia ingin melihat miniatur seperti itu setiap hari, memberi Tatsuya ide untuk melakukan proyek ini hingga sekarang.

ironing

Membuat diorama setiap hari jelas merupakan sebuah tantangan. Tantangan semakin bertambah untuk menghasilkan karya yang diluar ekspektasi pengikut setianya. Untuk itu, Tatsuya mencatat setiap ide yang telintas dalam benaknya dan memutuskan apa yang akan dia buat keesokan hari menggunakan catatan tersebut. Sekarang ini, Tatsuya merasa tertarik untuk menciptakan adegan dari benda yang bisa dianggap mirip dengan benda lainnya. Ide itu pula, “the interest of likening one thing to another”, yang dijadikan tema atau konsep dalam berbagai karyanya.

bouldering

Bagi Tatsuya sendiri, sangat penting karya dalam miniature calendar dapat dimengerti oleh semua orang, tua atau muda, dan dari negara mana pun. Karena itu, dia juga menggunakan benda yang terasa umum dan membuat adegan-adegan yang familiar. Dia menyimpan benda-benda, seperti kertas toilet dan klip untuk bungkusan roti. Karya favoritnya yang diberi nama way home dan picnic, justru dibuat dengan benda yang sangat mudah ditemui, yakni tatami (tikar tradisional jepang) dan brokoli. Tatsuya juga berharap dapat membuat sendiri figurine yang dia gunakan sehingga mempermudah dalam mewujudkan ide-idenya.

steak

Dengan semakin banyaknya orang yang mengenal dan menyukai karyanya, Tatsuya berencana mengadakan pameran di Kagoshima pada akhir tahun dan Osaka di tahun depan. Tentu saja, dia masih akan terus menghibur semua orang, setiap hari dengan miniature calendar-nya. Jadi, berapa tanggal favorit Anda?

picnic

way home

bamboo forest

Foto 1: pace

Foto&interview: designboom

LEAVE A REPLY