ModeratorsTALK! #1 Komunitas Biang Desain!

biang desain

Komunitas Biang Desain berawal dari ruang diskusi online yang terbuka bebas dan non-struktural tempat berbagi informasi tentang apapun seputar arsitektur dan desain interior. Komunitas ini menjadi tempat belajar dan berbagi informasi tentang ragam material, info produk, inovasi material, dan terobosan kontruksi terbaru, serta wacana perihal ruang dan bentuk. Wadah ini juga memungkinkan untuk pamer karya dan kegiatan tentang semua yang menyangkut arsitektur dan desain interior.

Untuk pertama kalinya, Biang Desain mengadakan acara mengadakan ModeratorsTALK! #1 di Joglo Nusantara, Situ Pengasinan Depok, Kamis (7/4/2016). Joglo Nusantara merupakan tempat milik arsitek lansekap Heri Syaefudin yang juga pemilik Gonku Landscape Nursery.

Pertemuan ini berawal dari obrolan di dunia virtual seperti Facebook antara insan kreatif lintas profesi yang ingin tahu lebih banyak tentang desain serta proses kreatif. Dikelola oleh beberapa moderator seperti arsitek Peter Yogan Gandakusuma, Murni Khuarizmi dan Alva Sondakh, sebagian dari 3792 orang anggota Komunitas Biang Desain di Facebook Group cukup aktif membagi ilmu dan memberi komentar.

biang desain

Dalam acara ModeratorsTALK! pertama ini, turut diundang beberapa orang mahasiswa dari Jurusan Arsitektur Universitas Mercu Buana Jakarta untuk berbagi ide. Ada beberapa orang narasumber dari lintas profesi yang diminta untuk berbicara di depan hadirin. Sesi pertama diisi oleh dua orang arsitek yaitu Rudy Bachsin yang membahas tentang “Ruang dan Perilaku” dan Maulana Ibrahim tentang “Lingkungan, Komunitas dan Gerakan Sosial”.

Sesi kedua diisi oleh praktisi IT, Pico Seno dan penggiat seni, Irianti Erningpraja yang membahas tentang “Matematika Fractal dalam Arsitektur Nusantara”. Sesi ketiga dimulai dengan presentasi dari akademisi Jo Adiyanto yang membahas tentang “Mencari Makna Rumah” dan Heri Syaefudin mengenai “Konservasi Situ Pengasinan sebagai Pelestarian Ekologi Alam”. Acara ini juga turut dihadiri oleh Sri Murdiningsih, Pimpinan Umum PT. Griya Asri Prima dan Indrawati Moeripto, Koordinator Marketing.

Penulis dan fotografer : Imelda Anwar

SHARE
Previous articleAutodesk Mengumumkan Kebijakan Baru
Next article5 Benda Ini Dapat Bertransformasi Menjadi Bentuk yang Berbeda!
Aprillia Ramadhina
Jurnalis, editor dan penulis yang gemar melukis. Mengawali karier sebagai jurnalis sejak tahun 2011. Antusias terhadap filsafat, media, buku dan seni, terutama seni visual, seperti lukisan, patung, instalasi, desain, dan fotografi. Buku yang telah ditulis: "Turn on the Radio" (Bukune, 2015). Email: aprillia.dhina@hotmail.com

LEAVE A REPLY