Mudah Dan Praktis Menata Interior Apartemen

menata interior apartemenMenata ulang interior merupakan cara paling mudah untuk mengubah suasana dan tampilan sebuah unit apartemen. Cara ini lebih menitikberatkan pada penataan elemen dekorasi tanpa perlu repot mengubah kondisi ruang yang ada. Sehingga lebih hemat waktu, tenaga dan tentunya biaya. Apa saja yang harus dilakukan? Ini dia tipsnya!

Menentukan Tema Interior Apartemen

Tentukan tema yang paling Anda sukai untuk diterapkan pada interior secara menyeluruh. Misalnya memilih satu atau dua warna primer pada bidang dinding dan lantai, kemudian lengkapi dengan warna turunan (gradasi warna) yang muncul melalui upholstery sofa atau aksesori seperti cushions, karpet, gordyn atau taplak meja. Selain warna, Anda juga bisa menentukan tema berdasarkan gaya desain tertentu. Misalnya saja meletakkan poster atau quotes inspiratif untuk interior bergaya pop art, dan masih banyak lagi.

menata interior apartemenUbah Posisi Furnitur

Untuk memberi suasana baru pada ruangan, ubahlah posisi furnitur secara berkala, minimal setahun sekali. Namun, Anda perlu memperhatikan ukuran furnitur serta fungsi ruang di sekitarnya. Jangan sampai ukuran dan posisi furnitur yang tidak tepat menghambat alur mobilitas Anda di dalam rumah atau bahkan membuat ruangan justru terlihat lebih sempit.

Padu Padan Aksesori

Untuk mempercantik tampilan ruang, pilih aksesori yang sesuai dengan tema ruang. Kombinasikan warna, bentuk dan teskturnya dengan elemen lain di sekitarnya. Misalnya saja pilih bantal bermotif dengan beragam tekstur untuk diletakkan pada sebuah sofa berwarna gelap.

Cara lainnya adalah pilih satu bidang paling menonjol, lalu letakkan sebuah wall art seperti lukisan atau art work yang bisa digantung untuk menghiasi dinding. Kemudian pasang lampu spot light untuk menyorot ke arah wall art tersebut, dengan demikian spot tersebut berperan sebagai focal point pada ruangan.

menata interior apartemenGunakan Lighting yang tepat

Berilah sentuhan “dramatis” dengan penataan aksesori yang chic dan tata cahaya (lighting) yang “hidup”, dimulai dari penerangan umum, kemudian dipertegas dengan efek pencahayaan tertentu. Pilihlah lampu yang hemat energi dan aturlah arah jatuh cahayanya agar menerangi pusat kegiatan di setiap ruangan. Bentuk armatur lampu yang atraktif juga bisa menjadi elemen dekoratif.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY