Museum Gempa Di China Berbentuk Menyerupai Retakan Tanah

Anda masih ingat dengan peristiwa gempa bumi yang terjadi di China tahun 2008 lalu? Gempa bumi berkekuatan 7,9 skala richter yang terjadi di daerah Wenchuan, provinsi Sichuan, China ini telah merenggut nyawa 70.000 orang dan merusak sedikitnya 5 juta rumah penduduk. Peristiwa itu disebut-sebut sebagai gempa bumi terbesar yang mengguncang China sejak tahun 1976.

Untuk mengenang peristiwa tragis tersebut, pemerintah menugaskan fakultas Arsitektur di Universitas Tongji untuk membangun sebuah museum di Wenchuan. Uniknya, dari kejauhan konstruksi bangunan yang dirancang oleh arsitek Cai Yongjie itu terlihat seperti permukaan tanah berumput yang terbelah, mirip seperti retakan tanah. Konsep arsitektur bangunannya dibuat agar masyarakat dapat mengenang peristiwa memilukan tersebut.

Meskipun berfungsi sebagai bangunan memorial, Cai Yongjie berhasil merepresentasikan museum dalam arsitektur bangunan yang memukau dan berpadu dengan kondisi lansekap disekitarnya. Bagian tengah tengah dari retakan-retakan tersebut merupakan jalan yang menghubungkan antara satu gedung dengan gedung yang lainnya.

Museum tersebut sudah dibuka sejak Mei 2013 yang bertepatan dengan peringatan kelima tahun gempa yang merenggut banyak nyawa tersebut.

Foto : Boredpanda

LEAVE A REPLY