Nuansa Biru Di Kamar untuk Tidur Berkualitas

Warna biru selalu berhasil menenangkan hati. Menurut survey pada tahun 2013 yang dilakukan oleh Travelodge, sebuah hotel asal Inggris, orang yang tidur di kamar berwarna biru dapat menurunkan tekanan darah dan memperlambat denyut jantung. Mereka menyurvei 2.000 orang dari berbagai negara untuk mengetahui pengaruh warna dengan kualitas tidur. Dari hasil survei tersebut ditemukan orang yang tidur di kamar berwarna biru dapat beristirahat rata-rata selama 7 jam 52 menit permalamnya. Warna biru menempati posisi pertama yang menyebabkan tidur lebih nyenyak, di posisi kedua dan ketiga adalah warna kuning dan hijau.

Chris Idzikowski, Sleep Expert dari Edinburgh Sleep Centre mengatakan bahwa ada reseptor khusus yang disebut sel ganglion dalam retina mata yang sensitif pada warna biru. Reseptor ini mengirim informasi ke area yang lebih dalam di otak yang dapat mempengaruhi perasaan sepanjang hari.

Karena itu, warna ini sangat tepat untuk diaplikasikan di kamar tidur. Anda bisa merasa rileks ketika terlelap dan membuat Anda semangat di hari esok saat menjalani hari. Warna biru yang polos di dinding dapat Anda imbangi dengan pajangan seperti lukisan agar ruangan tidak tampak “sepi”.

Untuk menambah kesan kalem dari si biru ini, Anda bisa memilih bantal berwarna natural seperti cokelat atau abu-abu. Jika ingin lebih atraktif, Anda bisa memilih bantal dengan motif seperti dedaunan atau motif kotak-kotak, sesuaikan saja dengan selera Anda. Nuansa biru memberi kesan yang dalam dan intim, sangat sesuai untuk mendekatkan diri Anda dan pasangan.

Anda bisa mengombinasikan warna biru dengan putih agar ruangan lebih “hidup”. Anda bisa membagi sisi dinding dengan kombinasi warna ini. Selain dinding, warna putih juga bisa Anda tambahkan di bedding set dan tirai jendela.

Jangan lupa letakkan lampu tidur di meja kecil samping tempat tidur Anda agar semakin menenteramkan malam Anda yang sebelumnya telah diisi dengan rutinitas melelahkan sepanjang hari.

Foto: Tri

LEAVE A REPLY