Pameran Bunga “Floriade 2012”

Floriade adalah ajang pameran hortikultura berstandar internasional yang diselenggarakan sepuluh tahun sekali oleh Belanda. Tahun ini merupakan kali keenam penyelenggaraan Floriade, yang merupakan pameran akbar tersebut.

Ajang pameran yang diselenggarakan selama enam bulan tersebut selalu diselenggarakan di tempat-tempat yang berbeda. Kota-kota kecil yang memiliki potensi dan bentang alam yang indah diusulkan, selanjutnya dibangun menjadi ajang pameran lengkap dengan infrastruktur terbangun yang menyerupai sebuah ajang pameran di antara kota terbangun.

Floriade 2012 kali ini diselenggarakan di Venlo, sebuah desa kecil yang berlokasi di sebelah utara Provinsi Limburg, Belanda. Dalam sekejap, desa kecil itu menjadi pusat perhatian dunia. Alamnya yang berbukit-bukit dan subur diubah menjadi ajang pameran “Floriade 2012”. Desa yang semula sunyi senyap mendadak “bangun” menerima kunjungan tamu dari segala penjuru dunia.

Floriade diikuti oleh peserta dari berbagai negara. Semua peserta, termasuk Indonesia, berlomba memamerkan kekhasan lanskapnya dibalut dengan karakter budaya setiap negara.

Pameran dibuka untuk umum mulai tanggal 5 April sampai tanggal 7 Oktober 2012 atau selama musim semi (spring), musim panas (summer) dan menjelang musim gugur (autumn). Ita Burhan kontributor majalah Griya Asri yang berprofesi sebagai arsitek lanskap merekam perjalanan wisata ke “Floriade 2012” pada bulan April lalu untuk pembaca setia Griya Asri.

Pameran “Floriade 2012” baru saja dibuka ketika Ita bersama dengan beberapa rekannya dari Indonesia dan Singapura tiba di sana. Udara terasa hangat di Venlo meskipun tidak merata dijumpai di belahan Eropa lainnya. Sekali-sekali terlihat langit biru yang menampilkan pemandangan kontras di antara hijau dan hamparan warna-warni tulip yang tersebar di mana-mana. Namun, keinginan untuk menjelajahi area pameran Floriade yang kebanyakan di ruang luar tidak menyurutkan niat mereka.

Pameran Floriade 2012 terbagi dalam lima pengelompokan area yaitu Relax and Heal, Green Engine, Education and Innovation, Environment dan World Show Stage serta dilengkapi dengan garden and pavillion yang diikuti oleh 100 peserta.

Beberapa negara tampil memukau dalam pameran bunga Floriade 2012 ini. Paviliun Indonesia mengangkat tema bangunan tradisional khas daerah antara lain Jineng Bali dan rumah Batak dengan taman tropis khas Indonesia dengan menghadirkan unsur danau, air terjun dan sawah.

Liputan tentang “Pameran Bunga Floriade 2012” dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri Vol. 13 No. 08, Agustus 2012

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

 

 

Penulis: Viva Rahwidhiyasa
Fotografer: Ita Burhan
Co-writer: Sumardiono

LEAVE A REPLY