Pameran “Diverge” Arsitektur UI  

 

 

Departemen Arsitektur Fakultas Tehnik Universitas Indonesia (FTUI) mengadakan Pameran Karya Mahasiswa Arsitektur dan Arsitektur Interior. Pameran karya ini merupakan karya mahasiswa dari mata kuliah Desain Dasar yang diambil oleh mahasiswa tahun pertama Departemen Arsitektur. Hasil karya mereka dihadirkan dalam sebuah pameran bertajuk “DiVERGE, Point into Space” di FTUI, Depok, Jawa Barat,

Pameran dan merupakan pertama kalinya digelar sebagai bagian dari kurikulum 2016, memperlihatkan bagaimana karya para Mahasiswa Arsitektur UI semester pertama ini membuat hasil karya seni dan desain dan menerjemahkan kedalam keunikan sebuah karya melalui seni dan arsitektur.

Pameran karya ini terbagi dalam beberapa tema, diantaranya Sensuality of Light and Shadow; Tension and Catwalk; Nature’s Collection; Points, lines and shadow; Studio Library; Landscape of Light and Shadow; XYZ 360°; Impressive of Light and Shadow; Science of Light and Shadow; The Space; The Composition.

Pameran  yang dibuka oleh Dekan FTUI, Prof. Dedi Priadi, DEA; Ketua Departemen Arsitektur, dan Prof. Yandi Andri Yatmo, Ph.D dilaksanakan di selasar Departemen Arsitektur, dihadiri segenap staf pengajar Departemen Arsitektur, Mahasiswa Departemen Arsitektur dan umum. Berlangsung dari tanggal 19-22 Desember 2017.

 

Menurut Mita, Koordinator Desain Dasar, “Ini adalah kurikulum baru memberikan pembekalan kepada mahasisa bagaimana mendesain secara kreatif. Dalam prosesnya mencoba melihat berbagai potensi yang ada. Kami mengajak mahaiswa untuk mengenali potensinya masing masing.”

“Antusias mereka sangat tinggi dalam mengerjakan karya karyanya. Menerima tantangan dengan baik chalenge yang kita kasih itu mereka respon dangan baik dan cermat dan mereka juga mengikuti proses sehingga mereka juga  benar benar puas dan hasil pemikiran mereka sendiri. Dalam pameran ini para mahasiswa mencari sendiri material karyanya berkaian dengan hasil karya yang mereka inginkan dan tidak harus sesuatu yang baru.” Tutur Mita

Mita juga mengatakan, “Setiap tahun kami mengadakan pameran karya  semester pertama ini dimana mereka diperkenalkan untuk mendesain secara kreatif dan mengembangkan ide dari bebagai hal. Bagi beberapa mahasiswa ini adalah sebuah peralihan dari siswa menjadi mahasiswa mereka sangat jauh dari kreatif.”

Mata kuliah Desain Dasar yang mengajar timnya beragam ada tim arsitektur,  3 dimensi, grafis, interior desainer.  Dengan adanya tim yang beragam itu kita berharap mahasiswa dapat memiliki wawasan belajar desain dari berbagai perspektif

Menurut Iriantine Karnaya, dosen senior di FTUI, “Saya sangat puas dengan hasil karya para mahasiswa. Para mahasiswa bekerja dengan hati dan serius. Dalam menghasilkan karya  para dosen hanya menanamkan do something dan be your self terhadap para mahasiswanya.  Ternyata mereka berhasil, karena para mahasiswa bekerja dengan hati dan serius. Hampir semua karya mereka bagus bagus seperti  hasil karya anak semester tiga atau lima. Semuanya layak dipamekan.”

Iriantine juga menambahkan, “Dalam karya mahasiswa tersebut, kami para dosen mengarahkan ada konsep titik dan garis dan semua kaidah kaidah arsitektur tetapi dalam bentuk art.”

“Dengan adanya pameran ini diharapkan mahasiswa dapat lebih terpacu dalam berkreasi dan lebih berani dalam memamerkan karyanya sehingga akan lebih baik dalam menghasilkan dan memamerkan karya-karya selanjutnya.” Ujar Iriantine.

Foto : A Hakim

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY