Pameran Pelajar Seni “Spektrum”

spektrum

Spektrum adalah program pameran seni berkala yang diperuntukan bagi para pelajar seni dari berbagai sekolah melalui sistem kurasi dan rekomendasi dari panelis yang terdiri dari para dosen dan guru dari berbagai institusi. Program yang diadakan oleh Arcolabs ini merupakan sebuah upaya untuk memfasilitasi para pelajar dalam berpameran dan menunjukan pemikiran artistiknya, juga sebuah upaya pemetaan pola pendidikan seni, khususnya yang terlepas dari kutub-kutub seni di Indonesia (seperti Bandung, Yogyakarta dan Bali). Karena setiap sekolah atau institusi sesungguhnya memiliki metode dan konsentrasi yang berbeda dalam mengembangkan pendidikan seni dan ini yang menjadi menarik.

Proses kesenian yang melibatkan banyak aspek selalu menarik. Satu hal yang tak terpisahkan adalah, aspek pendidikan. Pendidikan seni menempatkan dirinya ke dalam posisi yang fundamental. Para pelajar yang belajar pendidikan seni diharapkan mampu memberikan warna bagi konstelasi dunia seni di masa mendatang. Namun, saat ini belum terlalu banyak pameran seni yang melibatkan siswa, padahal itu menjadi bagian penting dari proses pendidikan seni itu sendiri.

Arcolabs berjejaring dengan 7 dosen atau guru dari 6 institusi, yaitu Dr. Karna Mustaqim (UPH), Darfi Rizkavirwan, S.Sn, M.Ds (UMN), Yasser Rizky, S.Sn (Binus), Evelyn Huang, S.Sn., M.Hum., M.Sn (IDS), Vinna Waty Sutanto, S.Sos, M.I Kom, C.HI (Digicomm Surya University), Jeong-Ok Jeon, MFA (Technopreneurship Surya University), Marda Yuantika Haningarjati, M.Hum (Erudio School of Art). Para panelis ini yang memberikan rekomendasi siswa yang akan berpameran di “Spektrum”, setelah itu diseleksi oleh kurator.

Dari proses itu terpilihlah Anastasia Turnip, Arief Rizky Ramadhan & Joshua Eka Putra, Carla Monica Pridjadi, Evan Widjaya, Ganjar Satria, Laeticia Viorentine, Ray Paulus Timorason, Ritter Willy Putra, Utari Kennedy, Yunani. Pameran yang dikuratori oleh Hilmi Fabeta ini akan dibuka pada hari hari Minggu, 27 Maret 2016 pukul 15.00 dan akan dilanjutkan dengan sesi “Student-Artist Talk”.

Pameran “Spektrum”

Anastasia Turnip, Arief Rizky Ramadhan & Joshua Eka Putra, Carla Monica Pridjadi, Evan Widjaya, Ganjar Satria, Laeticia Viorentine, Ray Paulus Timorason, Ritter Willy Putra, Utari Kennedy, Yunani

Tanggal: 27 Maret – 16 April 2016

Tempat: SPACE: Gallery + Workshop

Jl. Terogong Raya No. 36 j, Cilandak – Jakarta Selatan

Pembukaan:

Minggu, 27 Maret 2016, 15:00 – 17:00 WIB

Art Talk #4 :

“Methods and Practices in Art Research”

Speaker : Reza Asung Afizena

Sabtu, 2 April 2016, 13:00 – 15:00 WIB

RSVP :

Febriana

+62 812 8185 1165

LEAVE A REPLY