Pameran Seni Rupa “Alur” Tampilkan Karya 65 Guru Seni Budaya

Tubagus-Patoni

Galeri Nasional Indonesia—Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan— menggelar Pameran Seni Rupa Karya Guru Seni Budaya 2016. Pameran ini merupakan penyelenggaraan yang kedua, setelah sebelumnya pameran bertajuk “Guru Seni Berlari”, diselenggarakan pada tahun 2014 dengan melibatkan 111 peserta yang merupakan para guru seni budaya tingkat SMP, SMA/SMK atau sederajat se–Indonesia.

Pada 2016 ini, sekaligus dalam momen memperingati Hari Pendidikan Nasional, pameran serupa kembali digelar dengan mengusung tajuk “ALUR”. Perhelatan ini dilangsungkan pada 25 April – 6 Mei 2016, di Plaza Insan Berprestasi Gedung Ki Hadjar Dewantara (Gedung A) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ini merupakan terobosan baru dalam memanfaatkan ruang-ruang serbaguna di komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebagai ruang edukasi dan apresiasi seni yang menyajikan agenda seni dan budaya, yang dapat diakses oleh publik luas.

Suprianto

Konsep “ALUR” yang dirumuskan tim Kurator yaitu Suwarno Wisetrotomo dan Citra Smara Dewi, merupakan jalur yang diciptakan dengan penuh kesadaran. “Alur adalah jalur atau jalan profesi yang dibangun dengan terstruktur, sadar, dan perlu diperjuangkan untuk meraih keberhasilan. Guru seni budaya, dengan tugas mengajar dan tugas-tugas administrasi lainnya, diandaikan tetap memiliki komitmen mengembangkan bakat seni rupanya hingga mencapai taraf profesional,” ungkap Suwarno.

Dengan pencapaian semacam itu, maka diharapkan berdampak positif bagi peserta didik. Para peserta didik tidak saja mendapatkan pengetahuan dan pengalaman berkreasi seni, tetapi juga memiliki rasa bangga terhadap gurunya yang berprestasi. Pameran ini ingin melihat kreativitas guru seni budaya tingkat SMP, SMA/SMK atau sederajat se–Indonesia sebagai insan (sosok) yang memiliki kekuatan mendorong tumbuhnya kesadaran pentingnya pendidikan dan apresiasi seni pada siswa/peserta didik, sekaligus menjadi bagian penting dari terjaganya ekosistem budaya setempat.

Subandi-Giyanto

Merespon konsep tersebut, tercatat sebanyak 333 karya peserta yang berasal dari 213 sekolah di 25 provinsi di Indonesia telah mendaftar. Setelah melalui proses seleksi oleh tim kurator Galeri Nasional Indonesia, terpilih sebanyak 65 karya dengan berbagai pendekatan material, media, dan teknik, meliputi lukisan, patung, instalasi, objek, komik, keramik, grafis, drawing, batik, dan media pembelajaran. Karya terpilih merupakan hasil olah cipta 65 peserta dari 60 sekolah di 17 provinsi di Indonesia.

Pameran Seni Rupa Karya Guru Seni Budaya 2016

“ALUR”

25 April – 6 Mei 2016

di Plaza Insan Berprestasi Gedung Ki Hadjar Dewantara (Gedung A),

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

KURATOR

Suwarno Wisetrotomo

Citra Smara Dewi

PERUPA

65 peserta dari 60 sekolah di 17 provinsi di Indonesia

KARYA

65 karya

(lukisan, patung, instalasi, objek, komik, keramik, grafis, drawing, batik, dan media pembelajaran)

PAMERAN

26 April – 6 Mei 2016

Pukul 08.00 – 17.00 WIB

di Plaza Insan Berprestasi, Gedung Ki Hadjar Dewantara (Gedung A) Kemdikbud

* Terbuka untuk umum dan bebas biaya

 

SEMINAR

“Pendidikan Seni Budaya dan Karakter Bangsa”

Diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemdikbud

Rabu, 4 Mei 2016

Pukul 13.00 ­­­– 15.00 WIB

di Plaza Insan Berprestasi, Gedung Ki Hadjar Dewantara (Gedung A), Kemdikbud

LEAVE A REPLY