Pecah Seribu, Si Cantik yang Memiliki Banyak Warna

Bunga pecah seribu memiliki banyak nama, seperti hortensia, bunga seribu, panca warna, kembang bokor, atau nama latinnya, Hydrangea. Bunga yang sebagian besar spesiesnya berasal dari Jepang dan China ini memiliki warna dan kumpulan bunga yang cantik.

Jika melihat rangkaian bunga yang melingkar dan membentuk sanggul, Anda pasti akan memahami mengapa bunga ini disebut dengan nama pecah seribu atau bunga seribu. Warnanya pun tidak kalah menarik. Hydrangea umumnya berwarna putih, tetapi spesies tertentu, terutama Hydrangea macrophylla dapat berwarna putih, biru, merah jambu, atau ungu. Menariknya, dalam satu rangkaian atau kumpulan, gradasi warna setiap bunga pun bisa berbeda-beda.

Pecah Seribu, Si Cantik dengan Banyak Warna
https://rootstoblooms.com/tag/hydrangea-macrophylla-glowing-embers/

Umumnya, saat masih berupa kuncup, bunga akan berwarna hijau lalu berubah menjadi putih, sementara saat mekar, bunga dapat berwarna biru muda atau merah muda. Secara bertahap, warna bunga akan berubah menjadi lebih gelap atau tua sebelum akhirnya bunga rontok. Berbagai warna tersebut, entah itu biru atau merah, dipengaruhi oleh tingkat pH tanah. Tanah yang bersifat asam dapat mmebuat bunga berwarna biru, sementara tanah yang basa menghasilkan warna merah jambu atau ungu pada tanaman. Beda lagi dengan pH normal yang memberi bunga warna putih krem.

Lalu, bisakah kita mengatur warna sesuai keinginan? Hal tersebut barangkali bisa dilakukan. Jika ingin berwarna merah muda, tanaman bisa diberi kapur atau dolomit. Sebaliknya, bila berwarna biru, dapat diberi Aluminium sulfat.

Pecah Seribu, Si Cantik dengan Banyak Warna
http://sperlingnursery.com/plants-and-products/shade-plants/flowering-shade-plants/hydrangea-macrophylla/

 

Selain warna, sinar matahari dan penyiraman juga memiliki peranan yang penting. Tumbuhan ini cenderung menyukai daerah yang sejuk dengan matahari cukup. Oleh karena itu, jika menanam di daerah yang panas, pilih tempat yang membuat tanaman dapat terkena sinar matahari pagi, tetapi ternaungi saat siang hari. Sementara untuk penyiraman, usahakan tanaman mendapatkan cukup air dan tidak berlebihan.

Tanaman perdu dengan daun-daun berbentuk bulat telur ini juga bisa tumbuh besar, loh! Setidaknya, Hydrangea bisa mencapai ketinggian 1 m hingga 3 m. Karena itu, jika tidak ingin hal tersebut terjadi, tumbuhan ini perlu dipangkas atau dibuang daun-daun yang telah tua. Dengan begitu, Hydrangea dengan warna-warna yang cantik dapat terus menghias pekarangan rumah!

Pecah Seribu, Si Cantik dengan Banyak Warna
https://berkeleygardencoach.com/category/hydrangea/

LEAVE A REPLY