Penataan Sederhana Agar Garasi Rapi

Garasi sering kali terabaikan karena fungsinya yang hanya dianggap sebagai tempat untuk menyimpan kendaraan. Terkadang bahkan menjadi tempat untuk menyimpan berbagai barang yang tak bisa diletakkan dalam rumah. Pada akhirnya, barang-barang tersebut akan terus bertambah dan mengurangi space dalam garasi. Penempatan barang yang sembarangan pun akan membuat garasi menjadi berantakan, tak terurus, dan tampak seperti gudang.

Karena fungsinya yang untuk menaruh kendaraan, banyak orang tak berpikir harus membersihkan garasi dalam kurun waktu tertentu. Namun, jika garasi juga sudah dikondisikan sebagai ruang untuk menyimpan, tempat tersebut harus dibersihkan secara rutin. Ini berguna tak hanya agar area itu terlihat rapi dan bersih, tapi juga untuk menghindari adanya berbagai binatang serta memudahkan dalam menyimpan dan mencari barang.

Sebenarnya, hanya diperlukan sedikit perubahan dan penataan yang sederhana. Pertama, pilih dan kategorikan berbagai barang yang ada di sana, yang akan dan masih digunakan, yang sudah tak terpakai, atau yang ingin di-recycle. Dengan begini, penyimpanan barang di garasi menjadi lebih efektif, proses pencarian maupun ruang yang terpakai.

Agar semakin efektif, perkiraan ruang yang tersisa setelah berbagai kendaraan berada dalam garasi. Ruang tersebut bisa dijadikan storage dengan menempatkan, boks, kardus, memasang ambalan, cantelan, atau menggunakan lemari. Jika bagian bawah tidak tersedia lagi ruang, manfaatkan dinding dan sisi vertikal garasi. Peralatan olahraga yang bisa digantung, seperti sepeda akan semakin mengurangi kesan penuh dalam garasi.

Terakhir, yang perlu diingat garasi adalah bagian rumah yang juga memerlukan perhatian sama besarnya dengan ruangan lain. Proses pembersihan dan penataan yang diterapkan dalam interior juga harus diaplikasikan pada garasi meski disesuaikan dengan fungsi dan keadaan ruang. Buang semua yang tak perlu dan pekerjaan menata akan lebih mudah.

Foto: trappersway

*dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY