Penerapan Sederhana Reduce-Reuse-Recycle di Rumah

Reduce_Reuse_Recycle

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kata-kata Reduce, Reuse, dan Recycle. Banyak orang menyingkatnya dengan sebutan 3R. Konsep 3R ini adalah salah satu cara untuk menyelamatkan lingkungan dan hidup dengan cara yang lebih ‘green’.

Penerapan konsepnya sangat beragam dan bisa dilakukan di rumah Anda. Jika Anda ingin memulainya, rumah adalah tempat yang paling tepat. Agar Anda dapat memulainya, berikut ini paparannya.

Reuse

Kata ini memiliki pengertian menggunakan kembali. Artinya, konsep ini bisa dilakukan dengan menggunakan kembali barang yang dianggap sudah tidak memiliki kegunaan. Contohnya menggunakan kembali gelas plastik sebagai pot tanaman kecil. Untuk barang elektronik seperti komputer atau laptop, Anda dapat meng-upgrade perangkat keras Anda.

Reduce

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, reduce memiliki arti mengurangi. Hal ini berkaitan dengan penggunaan energi dan sumber daya di rumah Anda. Dua di antaranya adalah listrik dan air. Anda dapat mengurangi penggunaan listrik dengan cara mencabut semua perangkat elektronik saat tidak digunakan. Inti dari konsep reduce adalah berhemat.

Recycle

Konsep recycle dan reuse memiliki kemiripan. Ada berbagai barang di rumah yang bisa Anda olah kembali. Beberapa di antaranya adalah kertas bekas, botol, majalah, dan lain-lain. Bahkan Anda bisa mendaur ulang oli bekas dan perabot kayu rusak.

Jadi, sudah siap untuk melakukan konsep ini?

LEAVE A REPLY