Peran Penting Sistem Plambing

Sudah menjadi hak asasi bagi setiap manusia untuk mendapatkan akses air bersih dan fasilitas sanitasi yang sehat. Di balik itu semua, perlu adanya sistem plambing yang terpasang dengan baik pada sebuah bangunan, namun seringkali hal tersebut luput dari perhatian.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengakui bahwa sistem plambing yang buruk dapat menjadi penyebab penyebaran penyakit menular yang serius, seperti SARS di Hong Kong.

Dalam rangka mengedukasi masyarakat, International Association of Plumbing and Mechanical Officials (IAPMO) bersama-sama dengan Badan Standarisasi Nastional (BSN) dan Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Pemukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menggelar seminar bertemakan ‘Pentingnya Peranan Sistem Plambing’.

Seminar yang dilaksanakan bertepatan dengan perayaan World Plumbing Day 2017 ini sampai pada kesimpulan sistem plambing yang baik akan secara langsung meningkatkan kesehatan masyarakat, menjaga lingkungan dan menyediakan akses untuk air bersih dan sanitasi yang baik.

Selain menyelenggarakan seminar, IAPMO Group Indonesia juga mengumumkan kemitraannya dengan Yayasan International Water Sanitation and Hygiene (IWSH) serta Community Plumbing Challenge (CPC)-Indonesia. Mereka sepakat akan merancang dan memasang fasilitas toilet baru yang akan dihibahkan ke sebuah sekolah pilihan di Indonesia.

Desain fasilitas toilet ini akan mempertimbangkan infrastruktur terkini, kebutuhan sanitasi, pemeliharaan, dan kemampuan masyarakat di sekitarnya untuk mengontrol dan memonitor penggunaan air.

Foto : Dok. IAPMO

LEAVE A REPLY