Percantik Dinding dengan Teknik Sponging

teknik sponging

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membuat dinding rumah tampak cantik. Entah dengan menambahkan wallpaper dan sticker wall yang sudah populer, atau bisa juga dengan mengolah cat dengan teknik tertentu untuk menghasilkan efek yang berbeda. Apakah Anda sudah pernah mendengarnya?

Teknik ini sangat berguna sebagai alternatif dalam mempercantik tampilan rumah. Salah satu yang cukup umum ialah mewarnai dinding dengan teknik cat sponging. Seperti namanya, teknik ini adalah teknik menyapukan cat menggunakan spons. Penerapannya banyak dijumpai pada dinding atau plafon rumah.

Cara melakukannya pun mudah dan tak memerlukan banyak material. Anda sendiri juga bisa mencoba melakukannya jika berniat memperbarui tampilan cat rumah. Berikut langkah-langkah pengecatan yang harus diperhatikan.

Tahap Pengerjaan

1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti cat dan spons. Untuk spons, Anda dapat menggunakan spons berbahan sintetis atau yang terbuat dari rumput laut. Sementara untuk cat, teknik ini membutuhkan dua warna cat, yaitu untuk warna dasar dan sebagai warna dekorasi. Cat untuk dekorasi biasanya berwarna lebih terang daripada cat untuk warna dasar.

2. Sebelum mengecat, bersihkan dinding dari debu dan segala kotoran yang menempel. Lalu cat dinding dengan dengan warna dasar hingga merata dan tunggu hingga kering.

3. Basahi spons dan tiriskan lalu celupkan ke dalam cat yang berwarna lebih terang. Keringkan kelebihan cat pada koran atau pinggir ember agar tidak menetes dan dapat ditempelkan ke dinding dengan sempurna. Sebelum Anda mencoba menyapukan spons ke dinding, latihlah dulu di kertas atau koran agar dapat menentukan pola dan intensitas warna. Akan lebih baik lagi bila Anda sudah menentukan bentuk yang diinginkan.

4. Gunakan glaze dan mulailah menekan spons dari sisi atas dinding dengan pola yang menumpuk. Untuk menghasilkan pola atau bentuk tak beraturan yang baik, sering-sering ubah posisi spons. Jika spons sudah penuh dengan cat, cuci kemudian pakai kembali.

5. Jika Anda merasa pola atau bentuk yang dihasilkan tak sesuai keinginan, timpa kembali dengan cat dasar dan ulangi tahap seperti sebelumnya.

Ada banyak pola atau bentuk yang bisa dihasilkan bila Anda sudah ahli menggunakan spons. Untuk permulaan, tak ada salahnya mencoba bentuk sederhana. Namun, bila ingin hasil maksimal, Anda juga bisa menyewa orang yang sudah ahli melakukannya.

Sumber foto: thefhd

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY