Percantik Rumah dengan Tanaman Rambat

tanaman rambat

Tanaman rambat sudah cukup sering ditemui sebagai alternatif untuk menghijaukan penampilan sebuah lingkungan. Tak hanya itu, tanaman rambat juga salah satu tumbuhan favorit untuk dihadirkan dalam hunian. Sering kali tumbuhan tersebut hadir bersamaan dengan pergola atau kanopi. Bisa juga, memenuhi balkon, bahkan sebuah fasad rumah.

Tanaman ini memang dapat menghiasi bagian mana pun, asal media tanam ditempatkan di lokasi yang strategis. Jika Anda dapat menatanya dengan baik, tumbuhan ini mampu membuat area luar terlihat sangat cantik, teduh, dan tentunya udara menjadi bersih. Untuk mendapat hasil maksimal, penanaman dan perawatan pun harus diperhatikan. Informasi berikut ini dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi jika berniat menghadirkannya di rumah.

Penanaman

Karena tiap tumbuhan berbeda, akan lebih baik bila Anda mengetahui terlebih dahulu karakteristik tiap tanaman yang akan dibeli. Selain dapat memudahkan proses perawatan, Anda juga menjadi lebih memahami treatment yang perlu dilakukan. Ketahui pula bahwa tanaman rambat ada yang dapat bertumbuh di dataran tinggi, tapi ada pula yang cocok untuk dataran rendah.

Anda juga perlu memilih media tanam yang tepat. Jika menggunakan tanah, tingkat keasaman yang baik ialah berada pada angka 7. Namun, karena kebanyakan tanaman rambat mudah terserang penyakit yang berasal dari tanah, orang-orang kini mulai beralih pada media tanam cocopeat. Sementara untuk pupuk, gunakanlah pupuk kandang untuk hasil maksimal.

Entah Anda akan menanamnya di tanah langsung sekitar rumah atau dalam pot, pastikan tumbuhan ini terkena sinar matahari yang cukup. Untuk potnya sendiri, pakai pot berukuran besar agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu dan posisikan di lokasi yang diinginkan. Kemudian, siapkan media rambat di sekitarnya agar dapat memanjang dengan baik. Media rambat dapat berupa dinding rumah, pagar, bambu, atau tiang-tiang yang disusun sejajar. Anda juga harus memperhatikan ukuran, panjang, atau banyaknya media rambat agar sesuai dengan tanaman.

tanaman rambat

Perawatan

Untuk tanaman rambat, rajin-rajinlah menyiramnya, sekitar satu hingga dua hari sekali. Namun, ini bukan berarti Anda harus menuangkan air dalam jumlah yang banyak hingga menggenanginya. Ingat selalu, bahwa tanaman ini hanya perlu dijaga kelembapannya. Air yang berlebih justru dapat membuat tanaman mudah membusuk dan akhirnya mati. Selain penyiraman, pemupukan juga faktor penting dalam menjaga

tanaman agar tetap sehat dan menarik. Setidaknya, beri pupuk setiap satu bulan sekali dan sesuaikan dengan media tanam serta jenis tanamannya.

Yang tak kalah penting dalam merawat tanaman ini ialah proses pemangkasan. Anda harus memangkas tanaman secara berkala agar bentuk dan tampilannya tetap rapi serta sesuai dengan keinginan. Hal ini karena jika tanaman terlalu lebat, kesan yang muncul nantinya justru berantakan dan tak terurus. Dalam memangkas pun, perhatikan karakter tanaman. Ada yang dapat dipotong dan ada pula yang tidak. Bila merapikannya, pangkaslah bagian batang samping dan bukannya batang utama agar tunas baru dapat tetap tumbuh.

Foto: Tri Rizeki Darusman

LEAVE A REPLY