oleh

Percikan Cantik Warna-Warni Cat

-Desain, Seni-6.297 views

Keindahan alam memang tak diragukan lagi. Keindahan itu pulalah yang coba dituangkan Fabian Oefner dalam karyanya. Dengan bantuan alam seperti angin atau suara, seniman dan fotografer asal Swiss ini menciptakan sebuah karya seni yang memikat. Menggunakan cat sebagai medianya, Fabian mengondisikan cat tersebut agar dapat “tumpah” dengan memukau dan saat itu Fabian dengan kameranya menangkap momen tersebut.

 

Dalam foto yang berjudul “Liquid Jewels”, misalnya, foto diambil tepat saat balon meletus. Kekuatan letusan balon tersebut sanggup membuat cat yang sudah menutupi permukaannya bersemburan ke segala arah. Cat-cat tersebut terlihat membeku dan menghasilkan sembarang bentuk yang menarik.

 

 

Tak berbeda dengan “Liquid Jewels”, dalam “Orchid” Fabian mengubah cat menjadi sebuah karya seni yang mahal harganya. “Orchid” dihasilkan dari sebuah tangki yang diisi beberapa lapisan cat dengan warna yang berbeda dan untuk bagian atasnya, tangki diisi dengan cat warna hitam atau putih. Kemudian, sebuah benda dilemparkan ke arah cat. Tekanan benda yang masuk ke dalam tangki tersebut membuat cat bepercikan ke atas dan membentuk seperti sebuah kelopak bunga.

 

Sementara dalam karya terbarunya yang bekerja sama dengan Ferrari, Fabian membuat mobil pabrikan Italia tersebut dipenuhi dengan perpaduan warna yang atraktif. Untuk melakukannya, mobil dimasukkan dalam wind tunnel lalu cat dikeluarkan dengan kecepatan melebihi 150 MPH di bawah cahaya ultraviolet. Hasilnya, cat menyala dengan cantik.

Cat-cat tersebut muncul dengan warna yang tajam dan bentuk unik. Sekilas terlihat seperti sebuah lukisan abstrak, tapi sebenarnya adalah merupakan sebuah foto dengan teknik high speed photography. Pada akhirnya, karya yang tercipta lebih dari sekadar cat yang tersembur, tapi sebuah kreativitas memanfaatkan media sederhana menjadi sebuah karya seni berkualitas tinggi.

Foto : amusingplanet

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed