Perpaduan Biru dan Oranye yang Memikat

Kemewahan memiliki dimensi berbeda berupa desain apartemen ultra modern dengan suasana glamor dan elegan. Konsep desain ini diwujudkan dalam renovasi apartemen seluas 150 m2 karya desainer interior Sita Kamaratih dari konsultan Casasola. Susunan ruang pada hunian yang berlokasi di The Capital Residence, Sudirman, Jakarta Selatan ini tidak diubah, hanya finishing dinding, furniture dan ornamen dekoratif yang sesuai.

Dalam konsepnya, desainer ‘mendobrak’ sebagian paradigma desain bergaya klasik contohnya aspek warna yang biasanya didominasi oleh gradasi warna coklat kini diganti dengan warna putih yang berkesan “ringan” dan lapang terutama dinding dan plafon ruang.

Desainer memadukannya dengan aksen warna biru turqouis dan warna oranye coral agar suasana lebih “hidup” dan atraktif. Warna-warna cerah ini diterapkan pada salah satu dari rangkaian furnitur seperti kursi berlengan maupun pada aksesori seperti lukisan.

Aspek detail berupa ukiran rumit khas gaya klasik juga dihilangkan sebagaimana terlihat pada bentuk melengkung pada lengan kursi dan sofa. Uniknya, ornamen berupa deep buttoned padded wall yang merupakan ciri sofa dan kursi tipe Chesterfield yaitu furnitur tradisional asal Inggris, justru diaplikasikan dalam interior apartemen ini.

Bedanya, ornamen ini diganti bahan pelapisnya dengan kain beledu atau sutra yang lembut dan dipakai pada hiasan kepala ranjang dan dudukan bench. Motif sulur dan bunga yang ‘ramai’ sebagaimana khas nuansa klasik juga disederhanakan melalui warna senada dengan latar belakangnya seperti terlihat pada wallpaper dinding apartemen.

Aspek material dan finishing untuk furnitur yang biasanya didominasi oleh kayu, kulit dan pernis natural diganti dengan kain, duko warna putih dan cermin untuk menampilkan permainan tekstur yang dinamis seperti terlihat pada meja nakas dan kabinet pakaian (wardrobe) di kamar tidur.

Material yang mutakhir dan bersifat reflektif seperti cermin dipadankan dengan tekstur karpet masa kini yang berbulu panjang dan halus sedangkan hiasan berupa stiker berbentuk bingkai pada cermin kabinet pakaian menjadi aksen cantik.

Liputan dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

 

Lokasi: Apartemen di The Capital Residence, Sudirman Jakarta Selatan
Desainer interior: Sita Kamaratih dan Astra Puri dari Casasola
Penulis: Imelda Anwar
Fotografer: Sjahrial Iqbal

LEAVE A REPLY