Perpaduan Dua Rasa di Ni Rondji Restaurant, Bali

Perpaduan Dua Rasa di Ni Rondji Restaurant, Bali

Berkunjung ke Blanco Renaissance Museum tidak akan lengkap jika tidak menyempatkan mampir ke Ni Rondji Restaurant. Blanco Renaissance Museum sendiri merupakan sebuah galeri dan museum yang memajang karya-karya lukisan dari mendiang maestro seni lukis, Antonio Blanco. Tempat ini merupakan salah satu museum yang sayang untuk dilewatkan bila berwisata ke Ubud, Bali.

Sementara Ni Rondji Restaurant didirikan untuk mengenang sosok istri maestro tersebut, Ni Rondji yang menyatu dengan bangunan museum ini. Berada di area bawah museum dan memiliki luas 600 m2, restoran ini merupakan pengejawantahan dari perpaduan dua cita rasa, yakni Bali dan Eropa, seperti halnya kisah cinta Antonio Blanco dan Ni Rondji.

Perpaduan Dua Rasa di Ni Rondji Restaurant, Bali

Blanco muda yang keturunan Spanyol dan Amerika Serikat, ketika itu memutuskan untuk menikah dengan seorang penari tradisional asal Bali, bernama Ni Rondji. Selain kuliner Eropa, tempat ini juga menyediakan menu khas Bali yang biasa dimasak oleh Ni Rondji untuk Blanco. “Dahulu, mendiang Ibu Rondji sering memasak bebek goreng kesukaan Bapak Blanco. Di Bali, bebek dikenal sebagai salah satu santapan khusus untuk para raja,” ujar salah satu staf restoran.

Perpaduan budaya tradisional Bali dan cita rasa Eropa tidak hanya terasa dari menu-menu makanan yang disajikan, tetapi juga pada penerapan desain arsitektur yang mengombinasikan bangunan joglo Bali dengan rancangan khas bergaya Eropa. Sementara untuk interior, unsur Eropa ditandai dengan adanya table setting yang modern dan terkesan formal dengan pemakaian furnitur bermaterialkan kayu jati. Ada pula ornamen khas Bali dan beberapa lukisan besar karya Blanco di beberapa sisi.

Perpaduan Dua Rasa di Ni Rondji Restaurant, Bali

Secara keseluruhan, desain arsitektur tempat ini dibuat terbuka, pengunjung dapat merasakan angin lembut yang berhembus sambil menikmati pemandangan saawah yang menghampar di sekitar area restoran. Siang hari dipenuhi dengan cahaya alami yang kemudian berganti dengan tata lampu yang memancarkan cahaya temaram dan hangat.

Perpaduan Dua Rasa di Ni Rondji Restaurant, Bali

Perpaduan Dua Rasa di Ni Rondji Restaurant, Bali

Foto: Ahkamul Hakim

Artikel ini ditulis kembali dari artikel di Majalah Griya Asri Edisi November 2015, “Mencicipi Perpaduan Dua Rasa” oleh Adhitya P. Pratama.

Lokasi: Rondji Restaurant, Ubud, Bali

LEAVE A REPLY