Pertama di Dunia, Jembatan Gantung untuk Sepeda Dibangun di Belanda

Pengendara sepeda di negeri Kincir Angin, Belanda tentunya sangat berbahagia dengan adanya akses khusus bagi mereka. Belanda memang sudah terkenal dengan kebiasaan masyarakatnya yang sangat senang bersepeda. Tak tanggung-tanggung, selain jalur khusus sepeda yang sudah disediakan, pemerintah setempat, khususnya bagian kota Eindhoven kini juga membangun jembatan gantung khusus bagi pengguna sepeda.

Jembatan yang dapat ditemukan di sekitar kota Eindhoven, Veldhoven, dan Meerhoven ini hadir karena persimpangan jalan di area tersebut sudah sangat penuh dan sibuk untuk pengendara mobil dan sepeda berbagi tempat. Sekalipun jalur kedua kendaraan tersebut sudah dipisah, kesalahan, seperti berjalan melewati lampu merah dengan cepat, dapat membuat keadaan di jalanan menjadi lebih berbahaya. Karena itu, jembatan ini didesain dan kemudian diberi nama Hovenring sekaligus menjadikannya sebagai jembatan gantung pertama di dunia yang dibangun untuk para pemakai sepeda.

Hovenring merupakan jembatan gantung berbentuk lingkaran yang didesain oleh Ipv Delft dengan sebuah tiang di bagian tengahnya. Tiang pylon tersebut memiliki tinggi 70 meter (230 kaki) dan menjadi pusat bagi 24 kabel baja yang dihubungkan langsung ke bagian dalam jembatan. Lingkaran jembatan sendiri berdiameter sebesar 72 meter dan didesain dengan baja sebanyak hampir 1.000 ton baja.

Jembatan ini sempat ditutup tidak lama setelah dibuka karena adanya getaran pada kabel yang disebabkan oleh angin. Untuk mengatasinya, dilakukan penelitian lebih lanjut oleh para ahli. Kini jembatan tersebut sudah dibuka kembali dan orang-orang dapat menikmatinya. Masyarakat pun dapat berkendara lebih aman.

Sumber: rsvlts, bicycledutch, twistedsifter, freshome

LEAVE A REPLY