Pesona Berbagai Benda Jadul

Pesona benda-benda jadul

Barang lama, klasik, jadul, atau apa pun sebutannya, memang akan selalu mendapat tempat di hati masyarakat. Tidak peduli tren apa yang sedang berkembang atau terjadi, pecinta barang lama tetap dapat ditemui. Hal ini karena barang yang sudah berumur puluhan tahun atau bahkan yang lebih tua dari orang tua kita tersebut menawarkan lebih dari sekadar fungsi yang bisa digunakan.

Barang tersebut bahkan sering kali hanya dijadikan pajangan dan tidak benar-benar dimanfaatkan, khawatir terhadap usia dan daya tahannya. Barang antik tentu saja memberi kesan mewah, klasik, dan gengsi yang tinggi. Terlebih lagi, bila benda sudah langka, tua, dan memiliki sejarah yang berharga, harga barang bisa lebih mahal.

Pesona benda-benda jadul

Namun, barang jadul yang digunakan di rumah sebenarnya tidak harus selalu dibeli. Bila orang tua Anda memiliki barang lama, barang tersebut dapat diperbaiki dan digunakan kembali. Misal, kursi tua, dapat dibersihkan dan jika rangka masih kuat bisa dipelitur lalu ganti bantalan duduk serta upholstery-nya.

Perawatannya pun barangkali tidak semudah benda lain. Barang-barang lama tersebut membutuhkan lebih banyak perhatian dan juga perlakuan khusus bila ingin digunakan. Proses pembersihan harus dilakukan setiap hari, setidaknya untuk menghilangkan debu dan kotoran lain yang mungkin menempel. Bersihkan setiap sudut dan ukiran dengan kuas kecil serta kain lap lembut.

Pesona benda-benda jadul

Untuk furnitur berbahan kayu, benda harus sering dipelitur bila ingin tetap mempertahankan warnanya. Namun, tidak sedikit pula orang yang mempertahankan warna aslinya untuk menonjolkan kekunoan benda tersebut. Selain itu, hindari benda antik terkena sinar matahari langsung dan tempatkan di tempat dengan suhu normal serta tidak lembab. Dengan perbaikan dan perawatan taratur yang dilakukan, furnitur jadul di rumah bisa semakin awet dan menawan!

Foto: Tri R.

*dari berbagai sumber

1 COMMENT

LEAVE A REPLY