Pesona Lampu Gantung Keramik

Terbayangkah oleh Anda dari segumpal tanah liat dapat menjelma menjadi sebuah benda seni atau benda pakai yang cantik dan artistik? Itulah keramik, sebuah benda seni hasil olahan tanah liat yang melalui proses untuk dapat dibentuk sesuai dengan desainnya.

Bahan baku utama dalam pembuatan keramik adalah tanah liat, dan tanah liat yang kualitasnya baik salah satunya yang berasal dari Sukabumi, Jawa Barat. Untuk produk keramik yang sekarang banyak dijumpai adalah berasal dari tanah liat jenis stoneware. Proses pembakarannya dapat mencapai 1250 derajat Celcius sehingga tidak mudah ditembus air dan penyerapannya sekitar 2 persen sampai 5 persen, apalagi bila dilapisi glazir. Tanah liat jenis stoneware inilah yang lebih banyak digunakan dalam dunia industri rumah tangga dan manufaktur.

Karya keramikus F. Widayanto kali ini menghasilkan produk lampu gantung yang sangat artistik, dengan desain yang khas. Misalnya, dengan mengangkat tema “Daun”, yang masih mendominasi pada kap lampu. Lampu artistik ini dapat menjadi alternatif pilihan untuk diterapkan di beberapa ruangan di rumah Anda.

Koleksi            : Keramik F. Widayanto, Jakarta Selatan

Foto : Ifran Nurdin

LEAVE A REPLY