Pesona Produk Interior Dari Olahan Drum Bekas

interior maupun benda seni hendaknya tidak hanya dirancang secara inovatif dan “berakar” pada budaya serta seni, tetapi juga harus berkelanjutan (sustainable). Ungkapan inilah yang menjadi falsafah dari Andre Suryaman bersama dengan istrinya, Achis Andrea, dalam menciptakan sebuah karya interior dari olahan drum dan pipa bekas.

Limbah berbahan dasar logam ini memang terkenal tahan lama dan fleksibel untuk diolah kembali. Dalam prosesnya, Andre bersama rekan seniman di Yogyakarta mencari drum bekas dan memilahnya berdasarkan kualitas serta ukurannya, kemudian sebagian limbah dibiarkan berbentuk drum sedangkan sebagian lagi dipotong sampai berbentuk lembaran.

Salah satu teknik pengolahannya adalah dengan melubangi dinding drum bekas secara manual mengikuti satu pola tertentu misalnya deretan kotak segi empat atau motif organik. Teknik lain adalah dengan memelintir, membengkokkan atau menempa dinding drum bekas.
Namun, ciri khas drum seperti lubang di bagian atasnya tetap dipertahankan. Drum bekas ini lantas bertransformasi menjadi bangku (stool) dengan cara menambahkan jok di atasnya. Bentuk lain yaitu menjadi coffee table dengan ditambahkan kaca bening di bagian atasnya atau bisa juga menjadi lampu dekoratif dengan cara disusun secara vertikal.

Apa pun wujud barunya, drum bekas ini dilas dengan baik dan benar agar tidak ada bagian yang tajam dan membahayakan ketika digunakan, di samping tidak mudah copot saat dipindahkan apalagi lepas dari rangkaian. Tahap terakhir adalah finishing yaitu penyemprotan (coating) produk dengan warna cerah agar tampil menarik dan lebih tahan karat.

Adapun pipa bekas dirangkai menjadi kerangka segi empat, kemudian dipasangkan sehingga “membingkai” kabinet dan menegaskan nuansa industrial pada furnitur. Permukaan kabinet kayu ada yang diberi finishing warna perak senada dengan finishing pipa, tetapi ada juga yang diekspos apa adanya sehingga memberi kesan rustic.
Foto : Tri Rizeki
Karya : Andre Suryaman dan Achis Andrea dari “Natural House”

LEAVE A REPLY