Petunjuk Penggunaan Kitchen Appliances yang Sering Diabaikan

kitchen-appliances-01

Cara paling mudah merawat peralatan dapur atau kitchen appliances adalah dengan menggunakannya sesuai petunjuk. Banyak pemilik peralatan tersebut yang mengabaikan petunjuk-petunjuk tersebut. Hal ini akan menyebabkan kitchen appliances cepat rusak.Anda bisa jadi salah satu yang mengabaikan petunjuk tersebut.

Berikut ini adalah beberapa petunjuk yang kerap diabaikan.

Microwave

Jangan pernah memanaskan makanan dalam kemasan yang tertutup rapat di dalam microwave. Sebelum memanaskan makanan, sebaiknya buka atau lubangi tutup kemasan. Bungkus makanan yang tertutup rapat dapat mengumpulkan uap panas yang bisa menyemprot keluar saat kemasan dibuka. Bahkan ada kemungkinan kemasan akan meledak di dalam microwave saat dipanaskan.

Masih berhubungan dengan wadah, gunakanlah wadah yang memang dirancang khusus untuk microwave. Wadah tersebut memiliki ketahanan panas yang baik sehingga tidak akan meleleh atau pecah. Hindari memasukkan material yang terbuat dari logam.

kitchen-appliances-04

Dishwasher

Jangan bilas piring dengan air sebelum Anda memasukkannya ke dishwasher. Akan tetapi, Anda harus menyisihkan sisa makanan yang ada di piring tersebut. Dalam keadaan tersebut, masukkan piring ke dalam dishwasher.

Dishwasher adalah salah satu alat yang menggunakan daya listrik besar. Oleh karena itu, jangan mencuci piring satu per satu di dalam dishwasher. Kumpulkan piring kotor dan lakukan pencucian secara sekaligus.

kitchen-appliances-02

Kompor Induksi

Kompor induksi bekerja lebih baik pada peralatan yang menggunakan lapisan magnet. Jadi, Anda tidak bisa menggunakan peralatan dari stainless steel, kaca, keramik, atau aluminium. Pilihlah peralatan yang bagian alasnya terdapat lapisan metal yang bisa ditempel magnet.

Untuk penggunaannya, letakkan peralatan masak seperti panci di atas kompor sebelum menyalakannya. Setelah meletakkan, baru nyalakan kompor dan atur temperatur kompor.

LEAVE A REPLY