Playfield House

Konsep desain rumah di Bumi Serpong Damai, Tangerang ini berawal dari keinginan pemilik untuk menyediakan tempat bermain dan berolah raga bagi kelima anaknya sehingga mereka betah berada di rumah. Pertimbangan lainnya, pemilik ‘jenuh’ akan wujud hunian konvensional dimana ia menginginkan bagian dalam rumah didesain seolah-olah ‘diluar’ rumah.

Dengan keahliannya di bidang konstruksi, pemilik bereksperimen dengan material beton ekspos dan metal deck serta mengerjakan sendiri konstruksinya. Pemilik mempercayakan desain rumah dengan lahan seluas 800m2 pada Ginanjar Ramdhani dan M.Hikmat Subarkah dari konsultan 12akitek.

Arsitek menyusun massa hunian dua lantai berupa satu balok kontainer yang dibungkus oleh atap metal dan ditempatkan di atas satu balok beton yang dilengkapi oleh deretan lubang jendela tipis vertical. Untuk area masuk utamanya (entrance), ditandai oleh kolam hias dan bidang kaca tinggi. Kesan industrial pada fasad ini langsung berubah saat kita melangkah ke dalam rumah dimana terdapat satu ruangan luas tanpa dinding penyekat dengan void menerus hingga ke plafon dan terdiri dari pantry, area duduk, area makan, kolam renang dan tempat main pimpong.

Tata letak / layout furnitur di ruang bisa diubah sesuai dengan kebutuhan terutama saat acara kumpul bersama. Ruangan ini dilengkapi oleh lubang skylight berukuran besar yang memaksimalkan sirkulasi udara segar dan masuknya cahaya alami sehingga berada di ruang dalam serasa ada luar rumah.

Elemen unik lainnya adalah selasar dari metal deck yang mengelilingi ruangan terbuka di lantai atas yang kontras dengan panel kayu serta tersedia papan untuk meluncur dari lantai atas ke kolam renang. Di sisi timur hunian, terdapat lima kamar tidur anak-anak sedangkan di sisi utara terdapat area servis, area tangga dan garasi. Di sisi selatan terdapat kamar tidur utama dengan ruang kerja dan kamar mandi dalam serta home theater.

Dalam proses konstruksinya, tahap awal adalah membangun sebagian dari rancangan rumah yang berada di lahan baru sedangkan pemilik dan keluarga tetap tinggal di rumah lama. Tahap kedua adalah merobohkan rumah lama dan membangun sisa dari rancangan rumah baru.

Pemilik juga mendesain dan mengerjakan sendiri interior rumah seperti lemari, meja dan ranjang yang didominasi oleh warna-warna netral yaitu putih, krem dan hitam.

Liputan dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

 

Lokasi: Kediaman keluarga Theodorus H. di Bumi Serpong Damai, Tangerang
Arsitektur: Ginanjar Ramdhani dan M. Hikmat Subarkah dari 12akitek
Interior: Pemilik
Kontraktor: PT Ekamitra Talentama
Penulis: Imelda Anwar
Fotografer: Ahkamul Hakim

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY