Pollution Cleaning Towers di China Akan Jadi Pencakar Langit Tertinggi Dunia

tower

Menara tertinggi di dunia yang dibangun di Wuhan, China, juga akan menjadi salah satu gedung pencakar langit yang paling ramah lingkungan. Dibuat dengan konsep green building, gedung ini mencoba untuk membantu restorasi lingkungan sekitarnya.

Terletak di sebuah pulau dan dikelilingi perairan, menara akan membantu menyedot polusi dari udara dan air dengan menarik air dari danau, membersihkannya, dan kemudian menempatkannya kembali. “Air naik melalui serangkaian filter,” jelas Laurie Chetwood, dari Chetwood Architects, perusahaan arsitektur yang berbasis di Inggris yang menangani proyek tersebut. “Kami tidak menggunakan kekuatan untuk menarik air ke atas, tapi menggunakan energi pasif. Setelah melewati filter kami kembalikan lagi air tersebut ke danau untuk membuatnya lebih sehat.”

( Baca juga: Di Jepang Ada Hotel Bertema Perpustakaan )

Para desainer berharap bangunan ini akan berfungsi sebagai katalis untuk desain yang lebih berkelanjutan di kota industri. “Wuhan adalah kota yang tidak biasa, dihiasi dengan danau-danau besar,” kata Chetwood. “Melindungi danau seperti ini dapat menyebabkan proyek-proyek lain turut serta memberi perlindungan yang lebih juga.”

Kedua menara tersebut terinspirasi oleh simbol phoenix di Cina dan konsep yin dan yang – satu menara ‘mengisi’ yang lain dengan daya terbarukan dalam hubungan simbiosis. Di ruang yang menggantung di antara kedua menara akan dibuat restoran dimana pengunjung bisa melihat pemandangan danau.

( Baca juga: Wow Ada Kolam Renang Kaca Yang Menghubungkan Dua Apartemen! )

Dengan ketinggian 3.280 kaki, menara terbesar ini akan menyingkirkan posisi Burj Khalifa di Dubai sebagai gedung tertinggi di dunia, karena tinggi Burj Khalifa hanya 828 meter atau sekitar 2716 kaki.  Konstruksi menara ini direncanakan dapat diselesaikan pada tahun 2017 atau 2018.

Foto: chinadailymail

LEAVE A REPLY