Polusi Dalam Ruangan: Akibat dan Solusi

8670-8671-8672

Di dalam ruangan tidak berarti tidak ada polusi udara. Justru, polusi yang ada di dalam ruangan jauh lebih besar dibanding polusi udara yang terjadi di luar ruangan. Polusi udara akan semakin meningkat jika ruangan tersebut tidak memiliki ventilasi yang cukup baik.

Akibat Polusi Udara

Dalam jangka pendek, polusi udara dalam ruangan dapat menyebabkan iritasi atau kekeringan pada mata, hidung, saluran pernapasan, dan tenggorokan. Efek lainnya adalah sakit kepala, badan lesu, demam, kurangnya daya ingat, pusing, lesu, dan mual.

Pada umumnya, efek polusi udara ini sering dikaitkan dengan pilek dan flu. Akan tetapi, efek lebih lanjutnya adalah asma, hipersensitivitas pneumonitis, dan penyakit Legionnaires.

Bahkan disebutkan pula bahwa alergi, autisme, dan sindrom Asperger dan Tourette berhubungan dengan polutan dalam ruangan. Polutan tersebut antara lain debu, lantai PVC, asap rokok, dan phthalates.

Solusi Polusi Udara Dalam Ruangan

Pengaruh dari polusi udara ini memang banyak. Akan tetapi, Anda masih bisa menghindarinya dengan cara meminimalisasi polusi yang terjadi di dalam ruangan. Ada dua cara sederhana, yaitu eliminasi dan ventilasi.

Eliminasi dapat Anda lakukan dengan mengurangi sumber-sumber polutan pada rumah. Caranya antara lain mengatur penggunaan kompor gas dan peralatan masak lainnya untuk mengurangi emisi. Bersihkan pula pengkondisi udara secara teratur.

Selain itu, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk pembersih dan pewangi ruangan. Jika Anda suka menggunakan lilin aroma terapi, pilih yang terbuat dari wax lebah atau lilin kedelai. Untuk menghilangkan bau, coba gunakan cuka dan baking soda.

Cara yang kedua adalah dengan ventilasi. Walaupun Anda sudah menggunakan pengkondisi udara, Anda tetap harus membuka ventilasi ruangan Anda. Alasannya, pengkondisi udara tidak membawa udara segar dari luar ruangan ke dalam.

Untuk kamar mandi dan dapur, Anda sebaiknya menggunakan exhaust fan. Cara ini dapat mengurangi kontaminasi udara di dalam ruangan.

Jika Anda berpikir untuk menggunakan pembersih udara, Anda harus mengetahui bahwa kerjanya tidak seefektif membuka ventilasi. Pembersih udara tidak bekerja dengan baik pada aerosol dan gas. Selain itu, alat tersebut tidak menghilangkan bau.

Selain kedua cara tersebut, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan tanaman dalam ruangan. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi polusi.

Dapat disimpulkan di sini, walaupun polusi udara selalu ada di dalam ruangan, bukan berarti polusi tersebut tidak dapat dikurangi.

SHARE
Previous articleYakin Di Dalam Ruangan Bebas Polusi Udara?
Next articleUntung Rugi Tinggal Di Apartemen
Roria Simorangkir
Saat tidak sibuk menulis, ia akan menghabiskan waktunya untuk merajut, lari, dan menikmati film thriller. Penggemar Joko Anwar ini, bercita-cita menaklukkan New York Marathon sebelum berusia 30 tahun.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY