Ragam Aksesori Interior Dari Tikar Mendong

tikar mendongTikar mendong adalah sejenis barang kerajinan berupa anyaman yang biasanya dipakai sebagai alas tempat duduk. Tikar mendong yang sentra industrinya berada di Tasikmalaya ini, kini desainnya hadir lebih modern dan fungsinya tidak sekadar untuk alas tempat duduk saja.

Tikar mendong karya Paivi Punamaki, wanita asal Finlandia ini lain dari tikar pada umumnya karena tikar mendong ini bukanlah dibuat dengan dianyam melainkan ditenun dengan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Dengan teknik tertentu, Paivi mendesain tikar ini dengan pola yang berbeda antara sisi yang satu dan sisi di baliknya sehingga satu lembar tikar terdapat dua desain yang berbeda.

tikar mendongUntuk menghasilkan produk yang baik dan laku di pasaran, tentu saja harus dimulai dari pemilihan bahan baku yang berkualitas. Mendong yang baik harus memiliki tingkat kekeringan tertentu, dan ketika akan dianyam atau ditenun mendong harus dalam keadaan basah sehingga tidak mudah patah pada saat ditenun. Setelah proses tenun selesai, mendong kemudian dijemur kembali sampai pada tingkat kekeringan tertentu. Batang-batang mendong yang akan dianyam biasanya yang sudah diberi warna sehingga pada saat mendesain pola-pola penempatan warna sudah direncanakan sejak awal.

Dengan menerapkan teknik tertentu, Paivi dapat membuat desain selembar tikar memiliki dua pola yang berbeda (bolak-balik berbeda). Dengan teknik yang diterapkan ini, Paivi ingin mengangkat tikar mendong sebagai salah satu elemen interior seperti sebagai tapestry, runner, dan sebagai sajadah untuk salat.

tikar mendong

Dengan tampilan desain yang lebih modern tersebut, Paivi memadukan bentuk-bentuk yang simpel seperti geometris, kotak-kotak dengan paduan warna yang kontras sehingga tikar mendong tampil cantik sebagai elemen dekorasi.

*Artikel ini disadur dari artikel berjudul “Mengembangkan Tikar Mendong” oleh Denyza Sukma yang terbit di majalah Asri edisi Juni 2015

Fotografer : Ifran Nurdin
Koleksi : Matto
Workshop Desa Buka Tanah – Lembang, Bandung

LEAVE A REPLY