Ragam Hias Batik pada Keramik

Batik bukan hanya motif yang dapat dilihat pada selembar kain. Motif ragam hias batik sudah memiliki tempat yang luas dalam pemanfaatannya, termasuk di antaranya sebagai ornamen hias pada cangkir, piring, dan benda-benda seni lain berbahan dasar keramik.

Penggunaan ragam hias batik pada karya keramik diterapkan oleh seorang keramikus asal Bandung, Elina Farida, yang juga alumni ITB Jurusan Keramik. Menurutn Elina, batik dan keramik adalah paduan dua karya yang berasal dari bumi Indonesia.

Aneka Ragam Hias Batik

Batik memiliki berbagai jenis ragam hias. Dalam hal ini Elina hanya menerapkan beberapa ragam hias saja pada karyanya. Menurut Elina, ia menerapkan lebih banyak motif geometris yang mayoritas berasal dari motif batik Jawa Barat seperti motif kumeli, motif pecah kopi, motif rereng sapatu dan motif kupat manggu.

Motif-motif tersebutlah yang banyak diterapkan pada desain karya Elina seperti pada piring dan gelas. Oleh karena itu karyanya tersebut memiliki keunikan tersendiri.

Proses Pembuatan Keramik Berhias Batik

Proses pembuatan semua karya keramik bermotif batik sama seperti proses pembuatan keramik pada umumnya yaitu melalui pembakaran tanahliat dalam suhu tinggi yakni sekitar 1200 derajat Celcius. Dengan demikian semua hasil produk yang dihasilkan bebas toksin dan aman untuk dipakai, bahkan untuk wadah makanan pun aman dipakai.

Teknik produksi yang dipakai untuk membuat keramik batik ini adalah dengan cara cetak tekan, slab dan putar. Setelah selesai proses tersebut, masuk pada tahap pengeringan dan tahap pewarnaan, kemudian tahap finishing dan packaging sebagai tahap terkahir.

Pemilihan warna untuk produk keramik yang berlokasi di Bandung memakai warna-warna yang alami, dan disesuaikan dengan bentuk produknya seperti warna cangkir dan warna piring selalu menggunakan warna natural. Adapun motifnya memakai warna agak kontras agar benda tersebut dapat berupa desain yang indah.

[space height=”10″]

***

Ikuti Majalah Griya Asri December Giveaway berhadiah 5 set keramik batik cantik karya Elina. Caranya:
Like Page FB Majalah Griya Asri & posting ini.
– Tinggalkan komentar Anda tentang Keramik Batik cantik ini.

LIMA pemenang yang beruntung akan mendapat masing-masing 1 set keramik batik cantik. Gratis. Dikirim ke alamat di Indonesia. Pemenang akan diumumkan pada Jumat, 21 Desember 2012.

Liputan tentang “Desain Rumah yang Nyaman dan Modern” dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri Vol. 13 No. 07, Juli 2012

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

 

 

Lokasi : Studio 181 – Bandung

Penulis : Denyza Sukma
Fotografer : M. Ifran Nurdin
Co-Writer: Sumardiono

89 COMMENTS

    • Produk Keramik Batik ini bisa dibeli di Studio 181. Jl. Taman Pramuka (RE Martadinata 181) Bandung. Telp. 022 7208402

  1. Keren sekali mencerminkan budaya Indonesia. Ngarep banget bisa dapet hadiahnya. Insya Allah. Amin YRA 🙂

  2. Unik, kreatif dan inovatif….Lebih bisa memaksimalkan lagi usaha kita untuk memperkenalkan keindahan budaya asli bangsa Indonesia…Senang sekali kalau dapat Cangkir motif Batik ini dari majalah Griya Asri…(jadi punya ide untuk koleksi barang2 unik bermotif batik di rumah…^_^ ).

  3. Menghargai budaya bangsa itu ternyata bisa melalui langkah2 kecil yang mungkin sebagian orang tidak pernah terbayangkan, yang sering adalah ‘kebaran jenggot’ saat negara lain yang menggunakan budaya bangsa ini…

    Menginspirasi mbak Lala, mulai dari Lagu Batik-nya hingga keramik Batik 🙂
    :. hopefully get 1 set ^^

  4. Sukaaa banget sama warna batik yg merah di cangkir keramik itu. sama yang warna putih.
    cantik bgt nih buat pajangan, klo dipake sayang yah..hihi.
    sama buat kado klo ada temen yg menikah, kasih hadiah keramik hias batik ini pasti keren bgt.

    btw, keramik batik ini bisa pesan online gak? tp klo dikirim2 gitu apa gak pecah?
    untuk harga kisarannya kira2 berapa ya?

  5. Komentar saya tadi masuk gak ya?
    saya suka bgt warna batik merah yg di aplikasin ke cangkir keramik itu.
    selain keliatannya eklusive jg mencerminkan kita cinta budaya Indonesia, untuk hadiah/kado ke temen yg nikah cocok nih.

    untuk harga kira2 berapa ya? bisa pesan online gaK?

  6. Cantiikk… saya penggemar batik, dan penggemar keramik unik.. keduanya digabung..? sangat cantik dan kreatif, mewakili keindahan budaya Indonesia.. Wuih, jadi tambah cinta Indonesia..

  7. Majalah Asri selalu menampilkan produk2 yg selalu menggugah keinginan kita untuk selalu menata-menata dan menata rumah..apalagi dengan dipostingnya keramik batik…wow…cantik dan jadi pingin punya koleksi nya..

  8. Kereeenn!! Melestarikan budaya Indonesia kedalam piranti yg biasa dipakai sehari-hari. Semakin bangga dg produk asli Indonesia! 😀

  9. Dua kata : INDONESIA BANGET…. 😀
    Seru juga kalau hotel2 menggunakan keramik batik sebagai aksesoris/ornamen sajian. Ternyata mengenalkan batik kepada turis asing bukan hanya lewat kain/baju/tas/sepatu, tetapi melalui ornamen & perlengkapan makan/minum yang disajikan di hotel bisa jadi pilihan yang unik.

  10. Udah dari keramik, terus motifnya batik pula.. Wuih kereen & uniiik.
    Betul kata mbak Elina, batik dan keramik adalah paduan dua karya yang berasal dari bumi Indonesia yang harus slalu dilestarikan.

  11. nice…motifnya cantik-cantik, ternyata batik bisa ‘menempel’ dimana saja ya. apalagi kalo dipake untuk nyuguh tamu wedang kopi atau teh…sangaaaaaaaaaaaaaaat mengIndonesia….dipatenkan donk idenya, biar ga diambil ‘tetangga’..:D

  12. Melestarikan budaya Indonesia dengan media yg jarang dipertimbangkan sebelumnya. Batik pada peralatan makan, sangat mengena, cantik dan unik. Dipakai sehari-hari jadi tetap mengingatkan kita akan budaya bangsa 🙂

  13. Melestarikan budaya Indonesia dengan media yg jarang dipertimbangkan sebelumnya. Batik pada peralatan makan, sangat mengena, cantik dan unik. Dipakai sehari-hari jadi tetap mengingatkan kita akan budaya bangsa 🙂

  14. Keanekaragaman Budaya Bangsa Indonesia memang sudah sangat mendunia dengan banyaknya kreatiitas yang unik dan menarik misalnya dengan pembuatan motif batik pada produk keramik, ini benar-benar menunjukkan jatidiri kita sebagai bangsa dengan intelegensia tinggi baik tingkat nasional maupun dunia internasional.

  15. Unik,kreatif,multifungsi sekaligus etnik….tidak sekedar seni yang mempercantik ruangan namun bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari juga menjaga kelestarian seni budaya Indonesia,… salut untuk ide-nya, Teruslah Berkarya,…. d^_^b

  16. penggunaan motif batik pada keramik ini tidak saja membuat produk ini menjadi cantik, tapi juga unik dan sangat Indonesia. Semoga semakin banyak seniman indonesia yg mau menggali budaya dan tradisi bangsa kita sendiri, dan menjadikan Indonesia semakin dikenal dan dihargai di mata dunia.

  17. Unik sekali! Dari baju, tas, sepatu dan sekarang tea set keramik! Saya adalah penggemar batik dan tea set ini adalah salah satu barang yang mesti dipunyai! Salut untuk mbak Erlina!

  18. Memadukan batik dengan media selain kain sepertinya menjadi terobosan yang unik. Tentunya akan mempermudah generasi muda untuk mengenal lebih dekat kekayaan bangsanya. Batik & keramik, bikin saya makin cinta Indonesia 😀

  19. sangat cantik…dan mencerminkan budaya Indonesia banget…patut dilestarikan dan kita sebagai rakyat Indonesia patut mencintai budaya sendiri… 🙂
    saya juga sangat suka dengan batik…

  20. Ini adalah salah satu solusi untuk mengembangkan salah satu budaya bangsa yang unik dan berbeda dari budaya lain
    Di negeri china, karena dikenal dengan negeri Tirai Bambu, banyak sekali perabotan dapur (piring, gelas, meja dapur, bakul asi, dsb), ornamen rumah, dan juga model cat rumah yang menggambarkan keberadaan bambu dan panda agar masyarakatnya mengerti akan nilai budaya asli China
    Sedangkan, adanya inovasi batik pada keramik dan kemudian dijadikan piring, gelas, dan juga lepek adalah salah satu inovasi yang mengandung unsur keindahan budaya Indonesia. Selain mengandung unsur artistik, unsur nasionalisme, dan juga kultural Indonesia juga membuat benda benda di atas patut menjadi pilihan ibu ibu rumah tangga.

  21. karya baru,,, ide cemerlang,,
    bukan hanya baju aja yang punya motif batik,, tp peralatan minum juga ada, waaahhh,, pastastik,, i like,, cinta indonesia memang harus direalisasikan pada kehidupan sehari-hari..begitulah tanda bukti kita cinta kepada negeri sendiri..mmmm,, nyarinya sekarang g mesti kehotel untuk menikmatinya,,, sekarang dirumah juga bisa,
    AYOOOK DI ORDER,, bapak,, ibu,, yang cinta indonesia,,^___________^.

  22. keramik bukan saja sebagai alat perengkapan meja makan saja tapi juga keramik memberikan estetika tinggi setiap orang yang menggunakannya. apalagali batik adalah karya bangsa yang patut kita banggakan dan lestarikan. keramik bermotif batik melengkapi dan mempercantik rumahku yang bernuansa tradisional sehingga terkesan adanya unsur tradisional dan modern.
    proses pembuatan yang panjang dan lama dalam membuat keramik ini adalah suatu karya nilai tinggi.karya nilai tinggi patut diacungin jempol dan tempat yang bagus bukan hanya jadi pajangan dirumah tapi juga sebagai pencinta seni keramik harus dinikmati dengan menikmati makanan indonesia yang ditaruh di keramik itu sambil menikmati keindahan estetika yang ada pada keramik ini.

  23. Kereeen banget.. Bisa jadi oleh2 ciri khas indonesia untuk wisatawan mancanegara.
    Apalagi untuk suguhan tamu di kantor yg rata2 tamunya orang asing, pasti dipuji banget neh..
    Sungguh sebuah inovasi yang mencerminkan budaya indonesia ^.^

  24. Di Inacraft 2012, ada satu stan yang antrian kasirnya sangat panjang sampai menutupi stan-stan lain. Setelah saya lihat, ternyata itu stan keramik Jenggala dan yang mengantri kebanyakan warga Jepang, padahal motifnya banyak yang khas misalnya tumbuh-tumbuhan Indonesia, bukan motif Jepang, oriental atau umum. Saya yakin motif batik yang unik ini juga akan mendapat sambutan yang sangat baik karena pembeli tidak terpaku pada soal mengerti atau tidaknya terhadap suatu motif tapi juga terpengaruh dengan keunikan atau kekhasan suatu motif.

  25. KERAMIK BATIK…biasanya sih digunakan di hotel, cafe, restaurant yg ingin memberi kesan etnik. Nah, coba gunakan produk Keramik Batik di rumah, pilih yg simple2 corak+color nya, akan membuat kesan elegant ^,^ Yuk my bro & sist…gunakan produk2 KERAMIK BATIK.

  26. That’s the great innovation.
    Alangkah bangganya menjadi bangsa Indonesia yang majemuk etnis, budaya dan juga adat istiadat. Kekayaan yang tidak terhitung nilainya apalagi jika dipalikasikan dalam karya untuk melestarikannya. Nah, salah satu contohnya dengan inovasi keramik yang menghadirkan sentuhan “batik”.
    Namun harapan sebagai abak bangsa yang majemuk, batik yang menjadi motif keramik kali ini tidak hanya menghadirkan corak dari beberapa daerah dalam satu pulau saja melainkan menampilkan perwakilan dari seluruh penjuru Nusantara. Hal ini akan semakin memperjelas dan menambah kebanggan menjadi bangsa Indonesia.

  27. Batik diatas cangkir set ceramik menghasilkan sebuah karya seni yang sangat cantik dan sangat mewakili Indonesia,..
    saya sangat bangga menggunakan nya juga dapat dijadi kan hadiah kepada teman teman terutama dari mancanegara..serta meyakin negara negara lain bahwa Batik adalah Indonesia.

  28. Seni yang indah.
    Seni yang menunjukkan kebudayaan.
    Seni yang diapresiasikan dalam kehidupan.
    Seni yang bermanfaat.
    Tidak mudah menggabungkan antara seni yang indah, mencakup kebudayaan, dan bermanfaat dalam kehidupan, namun keramik batik ini berhasil memadukan keseluruhannya. I just can say, it’s the fabulous art. 🙂

  29. Keren deh keramiknya, selama ini cuma tau keramik dengan motif-motif yang biasa, tapi ternyata motif batik bisa membuat keramik lebih bernilai dan unik. Mulai sekarang kita bisa menggantikeramik biasa kita dengan keramik motif batik ini

  30. So Beautiful…sangat indah….Batik memang tidak menjadi dominan di fashion saja, namun bisa dituangkan di segala media. sekarang di atas keramik, mungkin suatu saat bisa dituangkan di peralatan dapur ibu-ibu yang terbuat dari almunium atau stenlis. kayanya akan lebih ceria dan meriah dapur kita.

  31. cantik dan keren,
    batik bukan cuma dijadikan baju atau tas, tapi bisa juga djadikan ide-ide yang menarik.
    mar

  32. cantik dan keren,
    batik bukan cuma dijadikan baju atau tas, tapi bisa juga djadikan ide-ide yang menarik.dalam membuat desain-desain furniture yang unik, semakin indonesia saja.

  33. majalah Griya Asri selalu memberi pembaca inspirasi.. pembahasannya selalu menarik minat pembaca ingin mengaplikasikan inspirasi itu,,Batik, Keramik dan Budaya Indonesia tiga hal itu saling menunjukkan inilah wajah indonesia.. semoga menjadi inspirasi bagi para pengrajin keramik yang lain utk membuatnya dengan produk yang berkualitas sehingga bisa menjadi souvenir bagi para turis mancanegara namun tidak hanya sebagai souvenir saja, bisa juga dipakai sebagai perlengkapan minum teh n kopi..ingin rasanya memilikinya sebagaiwujud cinta indonesia dan cinta batik dan budayanya..

    • Selamat! Anda telah memenangkan hadiah Keramik Batik Cantik dari Majalah Griya Asri. Silakan kontak inbox page Majalah Griya Asri untuk alamat pengiriman hadiahnya.

  34. I Love Batik! motifnya unik-unik.. dan terkesan elegan. tp belum punya nih kalau koleksi keramik motif batik . biasanya cuma baju atau kain aja. bagus juga buat suvenir pernikahan atau acara dan event-event tertentu. it’s lovely, i love it! 🙂

  35. Benar2 karya ragam hias batik pada keramik desaign Elina farida sangat cantik perpaduan warna dan motif batik yg pas sangat klasik membuat keramik batik tersebut terlihat 100% Indonesia,, kualitas Dunia,, aman digunakan pula karna sudah melalui proses pembuatan yg sempurna,.. Aku baru melihat yg satu ini biasanya cm motof bunga saja, semoga aku terpilih jadi salah satu pemenang, Amin…

  36. sangat unik…cemerlang banget idenya, menggabungkan 2 karya dari Indonesia menjadi sebuah karya baru yang sangat ciamik..;).
    perpaduan antara kemewahan, etnik, dan anggun…bener2 layak dapat acungan jempol…sukses berkarya..;).

  37. Keramik Batik itu kesan nya unik, alami dn membudaya indonesia.
    klo kita lagi dlm perjalanan ke luar negeri trus perlengkapan makan nya ada motif batik berasa nya seperti feels like home…jdi bikin kangen indonesia, cinta indonesia.
    di rumah pun akan berasa lebih alami dn indonesia sekali klo ada keramik batik yg menghiasi rumah.

  38. Cantik sekali keramim set nya. Hmmm, 'batik cap' bisa untuk keramik juga ya ternyata. Muda-mudahan semakin banyak seniman Indonesia yang cinta budaya bangsa dan bisa berkreasi yang membanggakan seperti ini. Selamat kepada mbak Elina, seluruh pendukung 'behind the scene' nya dan majalah Griya Asri yang mengangkat isu ini.

  39. sangat indah,elegan,unik,manis.."klo pakai peralatan makan n minum yg berhiaskan batik lbh elegan,simple tp keren"..itu kata2 suami sy klo sedang hunting perabot (untuk djadikan kado pernikahan)..tp anehnya qt ga pny perabot yg bermotifkan batik..coz agak mahal,jd pake yg biasa aja..hhehe..
    mdh2n sy jd salah satu pemenang..jd punya deh..amin..

  40. saya kira masih mengandung zat berbahaya sebab ada bahan batiknya, ternyata karena terbuat dari bahan alami dan dibakar dengan suhu tinggi, aman dipakai ya. Cantik, akan disuka anak-anak nih. Kalau dipakai untuk minum susu, pasti suka. Anak-anak kan ogah minum susu kalau gak dipaksa, dengan bantuan wadah yang menarik ini pasti suka. Tapi harus hati-hati pemakaiannya sebab mudah pecah 😛
    Kalau memakai motif selain Batik Jawa Barat pasti akan lebih disuka lagi. Sebab pembeli pasti memilih motif batik sesuai asal daerahnya, pertanda cinta akan daerahnya. Pertambah model motif lagi, ya.
    Jika cangkir set ini dipakai untuk di warung makan, pasti akan terasa lebih 'berkelas'. Jarang loh ada yang berani menggunakan 'barang' keramik sebagai sesuatu yang digunakan, biasanya kan cuma jadi pajangan. Waw, keren!

  41. gak nyangka! inilah kesan pertama saat membaca artikel ini. lebih gak nyangka lagi saat ditunjukkan foto-fotonya. keren! keramik kini tak lagi jadi sekedar pajangan, tapi bisa digunakan. tapi harus hati-hati, sebab barang berestetika tinggi ini barang pecah belah. 🙂

  42. proses pembuatan barang keramik aja susah, apalagi ngedesain dengan motif batik waduh malah susah dua kali bagiku. Aku salut banget dengan Elina Farida , seorang wanita muda mempunyai bakat dan seni kreatifitas yang sangat2 tinggi. Dan hasil dari kekreatifannya juga sangat ngedukung banget buat melestarikan karya budaya indonesia. Semangat dan terus berkreasi buat Elina Farida. Cintailah produk dan budaya Indonesia.

  43. Unik, Biasanya batik digunakan pada pakaian sekarang dengan adanya motif batik pada keramik membuat batik selalu dikenang siapa yang melihatnya 🙂

  44. Brilliant ! suatu konsep artistik yang luar biasa yang memadukan antara sebuah karya seni dan pelestarian budaya..
    Harus lebih banyak pemuda pemudi yang seperti ini, dan harus lebih kreatif lagi, mengingat masih banyak budaya Indonesia yang perlu dilestarikan

  45. konon, satu-satunya cara untuk terus bertahan adalah: menyesuaikan diri dengan perubahan.

    mengadaptasikan motif batik ke dalam produk keramik dan piranti makan adalah sebuah langkah nyata untuk menyesuaikan diri dengan perubahan jaman. Makin sering dilihat, makin banyak yang kenal. Makin banyak yang kenal, makin banyak yang sayang. Makin banyak yang sayang, makin berumur panjang.

    Go Keramik, Go Batik! 🙂

  46. konon, satu-satunya cara untuk terus bertahan adalah: menyesuaikan diri dengan perubahan.

    mengadaptasikan motif batik ke dalam produk keramik dan piranti makan adalah sebuah langkah nyata untuk menyesuaikan diri dengan perubahan jaman. Makin sering dilihat, makin banyak yang kenal. Makin banyak yang kenal, makin banyak yang sayang. Makin banyak yang sayang, makin berumur panjang.

    Go Keramik, Go Batik! 🙂

  47. batik sekarang bnr2 jadi TOP. Batik menjadi Primadona ,dibelahan dunia manapun melirik batik.Tidak heran jika ada hari batik national..yg harus kita peringati tiap tgl 2 Oktober, Sekarang jaman makin maju..batik pun skrg makin berkreasi. Sungguh cantik batik dalam keramik ini..sungguh ide yg manis untuk tetap meluaskan dan melestarikan batik kita tercinta ^^..Kehangatan bs tercipta dgn menggunakan tea set batik ini..Ide yg briliant..I LOVE BATIK ^^

  48. wah cantik sekali keramik batiknya. Benar-benar two thumbs up untuk pendesain nya. Ga hanya menyejukkan mata tapi juga bisa menumbuhkan nasionalisme bangsa. Bagaimana tidak, tiap makan, minum, selalu melihat batik yang menjadi ciri khas Negara Indonesia yang patut kita banggakan dan lestarikan. Paduan keramik batik dengan nuansa dapur yang didesain minimalis akan menimbulkan efek pedesaan yang alami dan asri, sehingga membuat penghuni rumah jadi nyaman tinggal. Hanya keramik bisa punya manfaat seperti ini, rasanya hanya omong kosong jika belum membuktikan sendiri. 🙂

  49. What a brilliant idea. Sangat yakin tidak hanya disukai masyarakat Indonesia tp pastinya diminat Orang2 asing.. ide2 Kreatif seperti ini yg akan terus mempertahankan dan melestarikan budaya sekaligus memperkenalkannya ke mancanegara.

  50. INDAH dan KHAS INDONESIA. Salut buat Elina dengan karyanya yang menginspirasi dan Salut buat Majalah Griya Asri yang memperkenalkan karya ini ke lebih banyak orang.

    Jika bukan kita yang membuat karya KHAS INDONESIA, siapa lagi dan kita juga lah yang harus mempromosikan karya anak bangsa ke seluruh dunia. salut …….

  51. bagus banget!! patut berbangga pada warisan budaya!
    menjadi pengingat bagi kita utk menjaga warisan budaya.
    Salut juga utk Elina yg berupaya mem-Batik di atas keramik 😀
    Semangat terus! semoga bisa menginspirasi kita utk lebih mencintai Batik lagi dan lebih ber inovasi!

  52. Pirantinya terlihat elegan dan memperlihatkan ciri khas Indonesia. Desainnya terlihat lebih modern dan tidak membosankan. Suatu karya seni yang sangat berestetika dan inovatif yang perlu diapresiasikan untuk seni budaya bangsa yang memiliki keunikan tersendiri dan menumbuhkan rasa cinta dan bangga memilikinya.

  53. haloooo… saya tertarik untuk menjual cangkir batik di Bangkok, kebetulan saya memang tinggal di Bangkok dan punya kegiatan menjual barang2 tradisional indonesia, bolehkah saya bertemu langsung dengan pemilik Studio 181 pada tgl 6 April 2014 besok, yg kebetulan saya liburan di Bandung… hub saya via email saja ya santymartiany@gmail.com, terima kasih…

  54. batik dipercaya sudah ada semenjak zaman Majapahit, dan menjadi sangat populer akhir abad XVIII atau awal abad XIX. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad XX dan batik cap baru dikenal setelah Perang Dunia I atau sekitar tahun 1920-an.

LEAVE A REPLY