Rancangan Taman Tropis Di Atap Rumah

Ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan menghadirkan taman atap atau roof garden di rumah. Selain mampu mereduksi panas matahari dan menyejukkan ruangan di bawahnya, taman atap juga menjadi bisa dijadikan ruang alternatif untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga dan kerabat.

Hal inilah yang diinginkan oleh pemilik rumah yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Kepada desainer lansekap, Widya Padmajanti dari La Padma, pemilik ingin memaksimalkan sisa lahan menjadi taman dengan konsep tropis modern, termasuk atap rumah.

Sebagian lahan di atap itu kemudian diolah menjadi teras lengkap dengan taman vertikal di beberapa bidang dindingnya. Selain berfungsi sebagai sekat, taman vertikal tersebut juga berguna sebagai buffer mengingat angin yang berhembus cukup kencang.

Vertical garden tersebut memiliki dua muka yaitu bidang vertical garden yang bidang sejajar pagar/jalan aspal berguna untuk keindahan sedangkan bidang atas supaya tidak silau jika dilihat dari depan. Adapun sebagian bidang lantai ditutup dengan rumput sintetis untuk memudahkan perawatan namun tetap terlihat harmonis dengan elemen hijau lainnya.

Beralih pada sebagian lahan di area atap, Padma ‘mengolahnya’ menjadi area duduk lengkap dengan barbeque grill. Area yang ditutup dengan lantai dek kayu ini biasa digunakan untuk tempat berkumpul dan mengadakan acara outdoor seperti garden party. Meskipun tampil modern, area taman di atap ini tetap terasa sejuk dan menenangkan dengan hadirnya taman vertikal dan tanaman hijau lain di sekelilingnya, sehingga bersantai pun jadi terasa semakin menyenangkan.

If_MG_4123

Foto : Ifran Nurdin

Lanskap : Widya Padmajanti dari La Padma

LEAVE A REPLY