Realitas Manusia dan Teknologi dalam Karya Terbaru Isaac Cordal

Pernah terpikir bahwa teknologi akan mengambil alih kehidupan kita? Realitas itulah yang coba digambarkan oleh Isaac Cordal dalam karya terbarunya. Dia membuat banyak miniatur orang, seolah berdiri dan terperangkap di balkon, tapi tanpa sedikit pun berkomunikasi. Mereka sibuk berbicara dengan orang lain melalui telepon genggam, memainkannya, atau hanya memandang satu sama lain. Bukankah situasi seperti ini tidak asing sekarang?

Karya yang dipertunjukkan untuk Lodz 4 Culture Festival di Polandia ini diberi nama “sasiedzi” atau yang berarti tetangga. Sesuai dengan namanya, balkon yang dilekatkan pada sisi luar dinding sebuah bangunan tersebut seperti meniru tampilan lingkungan sebuah apartemen. Karya ini diharapkan dapat merefleksikan hubungan manusia dengan lingkungan sekitarnya, yang kini telah dipenuhi oleh teknologi hampir dalam semua aspek kehidupan, termasuk interaksi terhadap sesamanya.

Many years ago, I imagined a party full of people, where no one communicated with each other,” tulis Isaac menjelaskan karyanya. “There was a warmth due to the presence of bodies, but there was no communication. There was a noise of the overlapping conversations, but the conversations were not between the people present. They were all communicating with someone in the outside world through their mobile phones.

Sumber: designboom

1 COMMENT

LEAVE A REPLY