Renovasi Rumah yang Inovatif

Renovasi Rumah yang Inovatif

19 373

Merenovasi rumah yang sudah ada dan tak terawat menjadi rumah baru dengan wujud yang berbeda dari sebelumnya bukanlah pekerjaan mudah. Berbagai kondisi yang ada pada rumah lama perlu dipertimbangkan dan menjadi tantangan tersendiri, apakah dibongkar, diganti, dimanfaatkan, atau tetap dibiarkan. Kondisi struktural dan material pada bangunan lama adalah bagian dari tantangan itu.

Menuju Rumah Baru

Konsep rancangan rumah di atas lahan 180 m2 ini menyesuaikan dengan bentuk rumah yang ada, dipadukan dengan rencana kebutuhan ruang yang dikehendaki sehingga tercipta ruang-ruang yang optimal dengan bentukan geometris dinamis.

Sebagian besar ruang pada rumah ini didesain ulang kecuali satu kamar tidur dan kamar mandi di lantai dasar yang tetap dipertahankan pada kondisi yang ada.

Hunian ini awalnya didesan hanya dua lantai. Tetapi seiring dengan proses konstruksi, tercipta sebuah ruangan tambahan di lantai paling atas sehingga menambah luas total bangunan menjadi 220 m2.

Untuk renovasi rumah ini, dilakukan penambahan pondasi di beberapa titik untuk menopang struktur rumah baru sebagai akibat adanya penambahan luas ruang pada bagian atas hunian. Lantai kayu pada rumah lama diganti menjadi plat lantai beton dengan finishing homogeneous tile untuk mempermudah perawatan.

Memanfaatkan Material Rumah Lama

Salah satu tantangan dalam merenovasi rumah adalah memperlakukan materi yang sudah ada pada rumah lama.

Pada kasus renovasi ini, arsitek dengan cermat memanfaatkan kayu bangkirai yang digunakan pada lantai dua semipermanen hunian sebelumnya sebagai pelapis anak tangga. Penutup lantai berupa kayu bekas rel kereta api diamnfaatkan pada area ruang makan.

Di samping itu, material yang diperoleh dari rekan pemilik rumah pun diterapkan pada lantai yang didominasi dengan finishing acian. Sebagian besar dinding di-finishing acian kasar membuat sosok bangunan tampil “jujur” tetapi tetap memiliki aksen menarik pada susunan dinding rooster.

Artikel lengkap tentang “Renovasi Rumah yang Inovatif” dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri Vol. 13 No. 11, November 2012

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan. [/acc_item]

 

 

Penulis: Mufliah Nurbaiti
Fotografer: M. Ifran Nurdin
Co-writer: Sumardiono

SIMILAR ARTICLES

0 31

2 184

0 169

19 COMMENTS

  1. merenovasi rumah memang lebih sulit dibanding membangun sebuah rumah baru, karena kita harus memperhatikan bentuk bangunan dan material lama juga. by the way finishing acian kasar cukup menarik dan unik ya, membuar bangunan tampak natural…ciamik deh idenya..;).

  2. merenovasi rumah memang butuh kreatifitas yg tinggi karena banyak faktor yg bnr2 hrs dipertimbangkan dgn baik salah satunya menghitung biaya yang diperlukan dan bila kita tidak berhati-hati, budget yang semula bisa membengkak.
    Maka berikut jurus-jurus hemat agar kita bisa tetap mendadani rumah kita tapi dengan cara yang hemat dan tentu saja tanpa mengurangi keindahan rumah kita.
    - Tentukan konsep tentang renovasi secara matang.
    ada tahap ini, kita menentukan bagian rumah mana saja yang ingin kita perbaiki, bagaimana desainnya, apakah kita akan menggunakan kembali material lama atau tidak.
    - Tentukan bahan bangunan dan kualitas material bangunan yang akan digunakan.
    Bila memang dana kita terbatas, tidak ada salahnya kita menggunakan barang-barang berkualitas sedang atau barang bekas. Bila kita memilih dengan cermat, kita dapat menemukan barang bekas tapi berkualitas baik.
    - Menghilangkan satu bagian pekerjaan renovasi.
    Yang dimaksud disini adalah kita tidak melakukan satu bagian pekerjaan, sehingga waktu yang digunakan lebih cepat dan dapat menghemat biaya. Misalnya : Tembok tanpa diplester yang dapat membuat tembok tampak alami, atau mengecat tanpa di plamur.
    - Pemilihan cara pembayaran.
    Cara pembayaran umumnya terbagi dua, yaitu borongan dan harian.
    - Pilih waktu yang tepat untuk renovasi.
    Renovasi sebaiknya jangan dilakukan saat musim hujan, karena pada musim ini tukang yang mengerjakan dapat menemui kesulitan. Selain itu, untuk bagian yang berada di luar yang sedang direnovasi menjadi sulit kering dan bahkan bisa menjadi rusak.

  3. Renovasi yang sangat kreatif & inovatif. Finishing acian & susunan dinding roosternya menarik banget, membuat rumah menjadi asri & natural. Lighting yang warna kuning di ruang keluarga genit banget, ya… Keren!

    • Selamat kepada Amida Wibowo telah memenangkan Majalah Griya Asri edisi Desember 2012. Silakan kontak inbox page Majalah Griya Asri untuk alamat pengiriman hadiahnya.

  4. Merenovasi rumah selain memperhatikan budget, juga penting untuk fix and match dengan interior yg akan di tata. Good reference and idea, makasih buat pencerahan dan ilmunya.

  5. Terimakasih banyak Majalah Griya Asri, saya dapet hadiah majalah Griya Asri edisi Desember. Artikel2-nya inspiratif & bermanfaat banget.
    Saya pengen nanya, kalau dinding dengan finishing acian, dindingnya di-coating lagi nggak ya? Kalau iya, foto2 di atas pakai coating glossy atau natural? Kalau di pasaran kan suka ada produk stone coating.
    Terimakasih.

  6. artikel renovasi sangat menarik buat saya, tapi tolong dong jangan artikel renovasi bagian dalam aja, sekali kali artikel nya masalah pasad rumah, kebetulan rumah saya bagian dalam nya alhamdulillah udah selesai 90%, tapi bagian di luar khusus nya bagian pasad blum sama sekali utk info nya rumah saya cuman 1 tingkat, saya sangat mohon pencerahan nya, thanks

  7. Artikel ini sangat menarik, dan sangat mungkin untuk diaplikasikan pada iklim dan suasana di Indonesia, penggabungan unsur klasik dan modern, dengan tampilan cerah bersih dan elegan.
    Kami sering mendapat permintaan renoasi rumah di kota Yogyakarat seperti desain2 diatas, dan rata2 mereka merujuk gambar dari majalah Asri, so… sukses untuk majalah asri yang selalu memberikan inspirasi bagi masyaraat Indonesia.
    Salam, Inovasirumah.com

Leave a Reply