Resolusi untuk Rumah di Tahun Baru

Resolusi untuk Rumah di Tahun baru

Kata resolusi sering terdengar menjelang tahun baru. Tidak hanya terbatas pada diri, resolusi pun bisa dibuat untuk rumah di tahun yang baru saja dijalani ini. Resolusi untuk rumah seperti apa yang harus dirancang? Setiap rumah tentunya berbeda dan yang paling penting ialah menyesuaikan dengan kebutuhan. Saat ini barangkali Anda belum memiliki kemampuan untuk langsung mewujudkannya, karena itu buatlah rencana agar keinginan tersebut dapat dicapai selama satu tahun ini. Dari sekian banyak hal yang harus diperhatikan, beberapa ide di bawah ini dapat dijadikan panduan untuk membuat perubahan bagi rumah Anda! Selamat mencoba.

Mulai Resolusi dengan Membuat Daftar Barang yang Dibutuhkan

Tidak bisa dipungkiri, selama satu tahun atau lebih pastinya ada barang elektronik dan furnitur yang mengalami kerusakan sehingga fungsinya tidak semaksimal dahulu. Namun, membeli semua barang atau furnitur yang diperlukan dalam satu waktu jelas akan menghabiskan banyak dana. Karena itu, mulailah dengan membuat daftar barang, peralatan, dan furnitur apa saja yang perlu dibeli baru, diganti, atau bahkan ditambahkan. Saat membuat daftar, buat juga estimasi harga dan perkirakan kapan dana tersebut akan berhasil Anda dapatkan. Karena jumlahnya yang mungkin sangat besar, mau tak mau Anda harus menabung, setidaknya usahakan agar tabungan akan tercukupi selama satu tahun ini. Prioritaskan barang yang paling dibutuhkan karena jumlah uangnya tentu tidak sedikit, sementara masih banyak pos lain yang juga harus disiapkan perencanaan dananya.

Resolusi untuk Rumah di Tahun baru

Resolusi untuk Memperbaiki Bagian Rumah yang Rusak

Resolusi rumah tidak akan lengkap tanpa memperbaiki bagian rumah yang rusak. Terlebih, awal tahun biasanya akan dimulai dengan musim hujan. Memperbaiki bagian atap atau meninggikan lantai rumah dapat menjadi langkah antisipasi untuk menghadapi musibah banjir yang sering menimpa. Selain itu, memperbaiki juga merupakan langkah untuk meningkatkan keamanan rumah.

Awal tahun yang baru jalan juga menjadi waktu yang tepat bila Anda ingin mengubah desain atau interior rumah. Rencanakan bagian yang harus diperbaiki atau desain yang ingin diwujudkan, kemudian cari tahu dananya. Dengan begitu, Anda juga dapat menghitung jumah uang yang harus ditabung serta mengetahui perkiraan waktu saat uang tersebut terkumpul.

Bangun Kebiasaan Hidup Ramah Lingkungan dalam Resolusi Tahun Ini

Karena keadaan bumi dan lingkungan yang memburuk, kebiasaan hidup untuk ramah lingkungan sudah selayaknya diterapkan oleh masyarakat. Bila sebelumnya tidak terlalu peduli, cobalah tahun ini untuk mulai membiasakan diri untuk melakukannya. Tidak perlu dengan hal yang berat atau rumit, kebiasaan tersebut dapat dimulai dengan menghemat pemakaian listrik dan air. Biasakan untuk mencabut kabel alat elektronik apa pun bila sudah selesai menggunakannya atau matikan lampu saat siang hari dan malam ketika tidur. Gunakan pula air dengan lebih bijak, mengingat sumber air tanah yang semakin menipis.

Sortir Barang yang Tidak Lagi Dipakai

Satu tahun tentunya waktu yang lama untuk membeli dan menumpuk berbagai barang. Sudah saatnya untuk memulai tahun dengan ruang dan tempat penyimpanan yang lebih luas. Mulailah untuk memilih, menyortir, dan merapikan berbagai barang yang sudah rusak, tidak terpakai, serta bekas di rumah. Putuskan akan digunakan untuk keperluan apa saja barang-barang tersebut, entah akan diolah kembali menjadi barang baru, diperbaiki, dibuang, atau didonasikan.

Foto: Tri Rizeki, Ifran Nurdin

LEAVE A REPLY