Retractable Seating, Kursi Auditorium yang Fleksibel

Ruang serbaguna seperti audiotorium, gimnasium, gedung pertunjukan atau aula konvensi menuntut fleksibilitas. Saat pertunjukan seni, olahraga, atau presentasi seminar tentu dibutuhkan kursi penonton dengan jumlah yang banyak. Setelah acara selesai, ruangan harus kembali kosong, termasuk kursi penonton.

Tentu jika menggunakan kursi biasa akan tidak efisien, dibutuhkan waktu dan tenaga untuk mengangkat dan menyimpan kursi satu demi satu. Retractable seating merupakan konsep baru yang memungkinkan proses penyimpanan kursi menjadi lebih mudah dan efektif. Untuk menggunakannya kursi ini akan terbuka lapisan demi lapisan (seperti laci), dan untuk menyimpannya kembali kursi-kursi itu akan ditarik hingga menjadi barisan vertikal yang hemat tempat. Kursi jenis ini juga bisa dipindahkan (portable). Hanya dalam hitungan menit dapat terpasang atau tersimpan ratusan kursi, persis seperti kerja teleskop yang dapat dimaju-mundurkan.

Namun, karena kursi semacam ini diperuntukkan untuk ditempatkan di aula dan gedung pertemuan (public seating), yang berarti dapat diduduki siapa saja, perlu hati-hati juga dalam merawatnya. Pastikan audiens yang menduduki kursi tidak melakukan perbuatan yang dapat merusak kursi. Karena sistemnya yang mengandalkan pergerakan mekanis baik untuk menyimpan dan memasangnya, pastikan sistem mesin bekerja dengan baik dan tidak macet ketika hendak digunakan.

Foto: dok. datascrip

LEAVE A REPLY