Roadshow SML Young Architect Competition 2015

Konsistensi menjadi salah satu landasan Sinar Mas Land, salah satu pengembang properti terbesar dan tepercaya di Indonesia untuk pengembangan pembangunan fisik di tanah air. Hal ini dibuktikan melalui perhatian khusus yang diberikan kepada generasi muda negeri ini, lewat penyelenggaraan sayembara untuk arsitek muda yang bertajuk Sinar Mas Land Young Architect Competition (SMLYAC) 2015. SMLYAC 2015 ini merupakan sayembara yang kedua kalinya diselenggarakan Sinar Mas Land setelah di tahun 2014, SMLYAC berakhir dengan sukses dan mendapat sambutan luar biasa dari para mahasiswa jurusan arsitektur di Indonesia.

Untuk berkomunikasi dan memberikan informasi kepada para peserta sayembara, SMLYAC 2015 mengadakan “Roadshow Sinar Mas Land Young Architect Competition” di tiga kota besar yaitu Bandung, Jakarta, dan Surabaya. Roadshow diadakan dari tanggal 24 Agustus sampai dengan tanggal 16 September 2015.

Roadshow SMLYAC 2015 di Kota Bandung

Kota Bandung menjadi destinasi pertama tim Sinar Mas Land dan Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) dalam memperkenalkan Sinar Mas Land Young Architect Competition (SMLYAC) 2015. Tanggal 24 Agustus 2015 tim Sinar Mas Land dan IAI mengunjungi Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) dan Institut Teknologi Bandung (ITB), untuk bertatap muka secara langsung dengan ratusan mahasiswa tingkat akhir jurusan arsitektur. Di sela-sela kesibukan perkuliahan, para mahasiswa tetap antusias menghadiri acara roadshow yang dipandu oleh Public Relations Manager Sinar Mas Land, Atikah Sunarya. Suasana bertambah semarak ketika Head of Corporate Communication Sinar Mas Land, Panji Himawan sekaligus ketua tim roadshow, memberikan presentasi seputar Sinar Mas Land yang diikuti dengan tekun oleh rekan-rekan mahasiswa.

Roadshow-SML-Young-Architect-Competition-2015

Roadshow SMLYAC 2015 di Kota Jakarta

Jakarta sebagai ibu kota negara menjadi kota kedua tempat penyelenggaraan rangkaian roadshow SMLYAC 2015. Sinar Mas Land hadir dan bersilaturahim sekaligus menginformasikan sayembara SMLYAC 2015 di tiga perguruan tinggi dalam waktu yang berbeda yakni Universitas Indonesia (tanggal 9 September 2015), Universitas Trisakti (tanggal 14 September 2015), dan Universitas Tarumanagara (tanggal 21 September 2015). Tim roadshow SMLYAC 2015 dipimpin oleh Panji Himawan sebagai Head of Corporate Communication Sinar Mas Land yang membuka acara lewat presentasi tentang Sinar Mas Land yang sudah berkarya lebih dari 40 tahun di tanah air. Presentasi selanjutnya dibawakan oleh tim IAI yang menjelaskan mengenai syarat dan ketentuan sayembara SMLYAC 2015. Acara di tiga universitas ternama tersebut berlangsung sukses dan semarak berkat kepiawaian tim roadshow serta pembawa acara yang fasih dan menarik dari Atikah Sunarya selaku Public Relations Manager Sinar Mas Land.

Roadshow SMLYAC 2015 di Kota Surabaya

Kota Pahlawan, Surabaya menjadi persinggahan terakhir roadshow SMLYAC 2015. Roadshow di kota ini berlangsung pada tanggal 16 September 2015 di Universitas Kristen Petra Surabaya dan Institut Teknologi 10 Nopember. Serupa dengan kota-kota sebelumnya, acara kembali dibuka oleh presentasi dari tim Sinar Mas Land yang dibawakan langsung oleh Panji Himawan selaku Head of Corporate Communication Sinar Mas Land. Acara itu berisi presentasi tata cara serta teknis lomba oleh perwakilan dari IAI. Banyak mahasiswa menunjukkan minat mereka melalui beragam pertanyaan seputar sayembara yang terlontar dalam sesi tanya jawab di akhir acara.

Total Hadiah Rp675 Juta

Sinar Mas Land berupaya memanjakan para peserta dengan menyediakan hadiah uang tunai sebesar total Rp675 juta. Melalui sayembara ini pula, Sinar Mas Land memberi kesempatan kepada mahasiswa jurusan arsitektur dan sarjana arsitek fresh graduate untuk dapat mengembangkan diri bersama Sinar Mas Land. Kesempatan tersebut diharapkan mampu menopang masa depan pendidikan dan karier para mahasiswa yang berhasil menjadi juara di Sinar Mas Land Young Architect Competition 2015.

SMLYAC 2015 ini dibagi menjadi tiga kategori besar. Pertama, kategori Residential Development, dengan rincian bangunan yang akan dirancang adalah rumah untuk masyarakat kelas menengah sampai kelas atas, dengan empat tipe kaveling. Kategori kedua yakni Commercial Development, di mana peserta diwajibkan untuk merancang mixed use building berupa gedung pusat perbelanjaan (mal) dan bangunan apartemen untuk masyarakat kelas menengah. Adapun peserta yang memilih kategori ketiga yakni Resort Development yang harus merancang lahan yang disediakan untuk difungsikan menjadi bangunan untuk kebutuhan resor.

Sistem Penilaian dan Dewan Juri

Sayembara SMLYAC 2015 akan dinilai oleh dewan juri yang ahli di bidangnya. Untuk kategori Residential Development terdapat Sukendro Sukendar dari IAI (Founder Nataneka Architect), Andra Matin (Founder Andra Matin Architect), dan Jefry Budiman, praktisi (Founder Grain and Green). Di kategori Commercial Development terdapat Ardi Jahya, praktisi dari IAI, Rafael David dari IAI (principal Aboday Architect), dan Sofian Sibarani (praktisi dari AECOM). Juri di kategori Masterplan juga diisi orang-orang terbaik di bidangnya seperti Prasetyo Adi (praktisi dari PDW Architect) serta Robert Day (dari WATG). Dewan juri tersebut, juga akan dibantu oleh para profesional dari perwakilan manajemen Sinar Mas Land. Penilaian bagi para peserta dibagi berdasarkan tiga kriteria yakni perencanaan dan rancangan, elemen-elemen rancangan berwawasan hijau, serta pernyataan rancangan.

Para peserta dapat mengetahui lebih lanjut mengenai lomba Sinar Mas Land Young Architect Competition (SMLYAC) 2015 ini, dengan mengakses tautan berikut.

SHARE
Previous article5 Tips Merawat Bantal Sofa
Next article5 Jenis Tanaman Hias Penyerap Polutan
Didan Sardjono
Penulis adalah pecinta traveling. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: didansardjono@yahoo.com kontak via Facebook

LEAVE A REPLY