Romantisme Hunian Bergaya Resor

Berawal dari kecintaannya akan keindahan pulau dewata, pemilik mendambakan hunian bergaya resor yang nyaman dan asri. Demi mewujudkan keinginannya tersebut, ia mengundang arsitek Harun Wicaksono untuk mengerjakan proyek huniannya.

Sesuai dengan konsep resor Bali, Harun membagi lahan seluas 1055m² menjadi beberapa massa bangunan membentuk formasi huruf “U”. Taman dan kolam renang menjadi pusat orientasi bangunan yang dikelilingi oleh ruang-ruang utama seperti ruang tamu, ruang makan dan kamar tidur utama.

Mengacu pada prinsip desain arsitektur resor Bali, hunian ini dirancang dengan atap berteritisan untuk menahan teriknya sinar matahari. Atap ini diekspos tanpa menggunakan langit-langit yang umumnya terdapat pada bangunan rumah tinggal. Hal ini bertujuan untuk menguatkan suasana resor, sekaligus mengalirkan udara panas ke atas sehingga ruangan terasa lebih sejuk. Tentu saja banyaknya bukaan lebar yang menerapkan ventilasi silang (crossed ventilation) menjadi faktor pendukung. Tak hanya sejuk, pada siang hari ruangan terlihat terang tanpa cahaya buatan.

Kesan hunian bergaya resor Bali ditunjukkan melalui pemilihan interior yang sesuai dengan desain bangunan. Rumah dua lantai ini menyajikan pembagian ruang public-privat yang terkesan menyatu. Di lantai satu, setelah melewati foyer menuju ruang tamu, pandangan mata akan langsung terarah pada taman, kolam renang dan ruang utama lainnya secara jelas.

Ruang makan menjadi salah satu daya tarik pada rumah ini. Sebab massa bangunan ini dikelilingi oleh kolam renang sehingga tampak “mengapung”. Diseberangnya, kamar tidur utama memiliki bukaan dan pintu geser ke arah kolam renang dan teras untuk berjemur yang membuat suasana resor semakin terasa. Saat malam hari tiba, suasana hunian menjadi temaram dan romantis karena didukung oleh tata pencahayaan (lighting) yang menawan.

Liputan dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

Lokasi: Kediaman di Jalan Bangka, Jakarta Selatan
Arsitek: Harun Wicaksono – Parametr Architecture
Kontraktor: PT Hermus Barum Permanik
Penulis: Okita Sissy Tiara
Fotografer: Sjahrial Iqbal

LEAVE A REPLY