Rotanization dari Adhi Nugraha

Rotanization dari Adhi Nugraha

Bisa dibilang, kini rotan merupakan salah satu bahan baku favorit untuk mendesain sebuah furnitur. Rotan sendiri merupakan material khas Indonesia dan negara kita merupakan salah satu negara penghasil rotan terbesar di dunia. Rotan pun ramah lingkungan dan tampilannya tidak kalah cantik serta menarik bila dibandingkan dengan material kayu lainnya.

Desainer Indonesia pun banyak menjadikan rotan sebagai material utama dalam produk buatannya. Adhi Nugraha, misalnya, desainer lulusan Finlandia ini, mengangkat rotan sebagai material dalam karyanya yang disebut dengan nama “Rotanization”. Menurut Adhi, dengan menggunakan rotan dapat mempromosikan dan mengangkat kembali material tersebut agar semakin familier khususnya bagi masyarakat Indonesia sendiri.

Rotanization dari Adhi Nugraha

Pada tahun 2015, Adhi mengeluarkan seri produk rotan dengan konsep Borneo. Produk ini memiliki desain yang purely basic, fungsional, dan simple form, yakni mengekspos bentuk dasar lingkaran dan oval. Borneo juga menonjolkan sifat alamiah rotan, seperti lentur, berkesan “mengalir”, dan tidak bersudut tajam. Sementara desain fungsional, berarti produk yang dibuat lebih mengarah pada struktur yang baik dan kuat dengan desain yang menjunjung tinggi prinsip ekonomis dan praktis.

Contohnya, produk tipe Borneo-Dayak yang terdiri dari tiga item, yaitu sofa high back, stool, dan coffee table. Ketiga perangkat furnitur tersebut dapat disusun menjadi satu (prinsip stacking) sehingga menghasilkan produk yang praktis dan efisien. Sementara untuk kursi goyang bernama “Egg”, Adhi mendesainnya dengan tampilan yang unik, terinspirasi dari bentuk telur, dan fungsinya tidak hanya sebagai tempat duduk, tetapi juga dimaksudkan sebagai aksesori interior yang cantik.

Rotanization dari Adhi Nugraha

Kebijakan Pemerintah

Bersamaan dengan maraknya penggunaan rotan, pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan berupa larangan untuk mengeskpor bahan baku rotan. Dengan kata lain, peraturan tersebut hanya memperbolehkan ekspor produk jadi yang berasal dari material rotan. Bagi Adhi sendiri, kebijakan tersebut harus dipandang sebagai upaya pemerintah untuk mendorong inovasi dan kreativitas para perajin atau desainer dalam mengolah dan menghasilkan desain produk rotan yang dapat bersaing di pasar global.

“Momen inilah yang menjadi concern saya, bahwa saya ingin ikut menyumbangkan desain-desain furnitur baru berbahan rotan yang diproduksi di tanah air dan dapat bersaing di pasar, baik pasar lokal maupun internasional,” ujar Adhi.

Rotanization dari Adhi Nugraha

Foto: Ifran Nurdin

Artikel ini ditulis kembali dari artikel di Majalah Griya Asri Edisi Mei 2015, “Konsep Produk Rotanization” oleh Denyza Sukma. 

Produk: Koleksi Adhi Nugraha, Kampung Bukatanah, Bandung

LEAVE A REPLY