Rumah Kecil? Ini Cara Melegakannya!

rumah-kecil-02

Saat ini hunian yang disediakan pengembang berukuran semakin kecil karena lahan semakin sedikit. Alasan lainnya adalah untuk mebuat hunian lebih terjangkau. Hunian dibuat dengan tipe 36, 45, atau 60 untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Jika Anda adalah salah satu yang memiliki hunian mungil, bukan berarti hunian harus terasa sempit. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat hunian terasa lebih luas.

Kurangi Sekat

Salah satu cara adalah membuat ruang-ruang komunal bebas dari sekat. Gabungkan ruang tamu dan ruang keluarga. Hindari menyekatnya dengan dinding ataupun lemari besar.

Jika Anda membutuhkan ruang keluarga lebih privat, gunakanlah sekat yang tidak masif. Selain itu, gunakan pula sekat yang dapat dipindah-pindahkan. Hal ini akan membantu Anda jika suatu waktu Anda membutuhkan ruangan yang lebih besar.

Memilih Warna

Warna memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap ruang. Ada yang membuatnya terasa lebih luas, ada pula yang terasa lebih sempit.

Putih adalah salah satu warna yang memberikan kesan luas dan terang. Warna biru langit juga memeberikan efek yang sama. Akan tetapi, hindari penggunaan warna dengan nuansa gelap karena akan membuat ruang terasa lebih sempit.

rumah-kecil-01

Mengatur Pencahayaan

Pencahayaan selalu memberikan efek visual pada ruang. Tempatkan sumber-sumber cahaya di titik-titik yang tepat untuk menghasilkan kesan lebih luas. Meletakkan cahaya di sudut-sudut ruang biasanya akan memberikan kesan ruang terasa lebih panjang.

Jangan lupa untuk memanfaatkan cahaya alami untuk digunakan di dalam rumah.

Memperbesar Ukuran Jendela

Membuat rumah terasa lebih lega adalah dengan memasukkan cahaya alami lebih banyak. Buat lah jendela yang besar untuk itu.

Selain itu, jendela yang besar juga akan membuat rumah Anda terasa lebih lapang. Itu disebabkan ruang dalam Anda lebih terhubung dengan ruang luar. Jika Anda merasa privasi Anda kurang dengan jedela besar, coba tambahkan tirai!

Perabot Yang Tepat

Menggunakan perabot yang terlihat masif dan bulky akan member efek ruangan terasa sempit. Ppilihlah perabotan yang terlihat ringan untuk memberi kesan luas. Jangan lupa untuk menatanya dengan tepat agar rumah tidak terasa berantakan.

SHARE
Previous articleTransformasi Wajah Pasar Santa
Next articleParade Desain Kreatif Kios Pasar Santa
Roria Simorangkir
Saat tidak sibuk menulis, ia akan menghabiskan waktunya untuk merajut, lari, dan menikmati film thriller. Penggemar Joko Anwar ini, bercita-cita menaklukkan New York Marathon sebelum berusia 30 tahun.

LEAVE A REPLY