Rumah Panggung Menjadi Inspirasi

Rumah Panggung Menjadi Inspirasi

9 24

Rumah yang berlokasi di kompleks eksklusif Atmaya Residence, Cipete Jakarta Selatan ini hanya memiliki lahan seluas 300 m2 sehingga tidak memadai kebutuhan pemiliknya. Karena itu, arsitek yang merangkap desainer interior, Wahyu Auwines dari konsultan Teras Laras berupaya mengolah desain arsitektur, layout ruang dan interiornya agar terasa lapang dan nyaman.

Dalam menggagas desain hunian ini, arsitek terinspirasi oleh “kearifan” bangunan panggung tradisional yang ukurannya tidak besar tetapi dapat mengakomodasi banyak kamar dan mengantisipasi perubahan cuaca.

Bagian badan bangunan didominasi oleh deretan jendela dan dinding kayu serta dinaungi oleh teritis lebar dan atap model pelana. Prinsip bangunan panggung diadopsi ke dalam wujud yang lebih simpel dan modern dimana lantai dasar hunian menjadi bagian kaki bangunan sedangkan lantai atasnya menjadi bagian badan. Proporsi bagian kaki hunian sengaja dibuat lebih tinggi dibandingkan dengan rumah panggung yang asli dan dindingnya “dilubangi” oleh jendela kaca lebar sehingga menyerupai “permainan” kubus (sculptured box). Pendekatan ini juga berhasil mengoptimalkan masuknya cahaya alami dan mengoptimalkan sirkulasi udara segar serta tersedianya pemandangan ke arah luar rumah.

Hampir seluruh lantai, dinding dan plafon didominasi oleh finishing warna putih sehingga menjadi “latar belakang” bagi penataan furnitur dan aksesori ruangan. Naik ke lantai atas, arsitek menata empat buah kamar tidur lengkap dengan kamar mandi dan ruang perpustakaan. Dinding luar lantai atas hunian dilapisi oleh panel kayu sedangkan permukaan lantai atas dan teras belakang ditutup dengan parket kayu sehingga berkesan “hangat” dan “akrab”.

Arsitek juga menata lanskap baik di halaman muka yang tanpa pagar maupun di sekitar kolam renang dengan tanaman khas tropis seperti kamboja, pandan bali, serta jenis palem, irish dan rumput. Bagi arsitek, yang terpenting dalam perancangan hunian ini adalah layout yang benar dan nyaman, proporsi antarruang yang baik, biaya bangun yang murah melalui pemanfaatan material lokal, perawatan yang mudah dan berwawasan lingkungan.

Liputan dan artikel lain tentang arsitektur, interior, taman dan lingkungan dapat Anda nikmati di Majalah Griya Asri.

Anda bisa mendapatkan Majalah Griya Asri di toko buku atau kios majalah terdekat. Untuk berlangganan Majalah Griya Asri secara langsung, silakan mengikuti prosedur berlangganan.

 

Lokasi: Atmaya Residence di kawasan Cipete, Jakarta Selatan
Konsultan arsitektur, interior dan lanskap: Wahyu Auwines dari Teras laras
Penulis: Imelda Anwar
Fotografer: Ahkamul Hakim

SIMILAR ARTICLES

0 27

0 27

9 COMMENTS

  1. Saya sedang berencana membangun rumah dan tertarik dgn disain rumah ini. Apakah saya bisa mendapatkan alamat dan no telpon arsiteknya ?

    Saya juga tertarik dgn disain rumah dibintaro yg dirancang oleh Sdr. Andi Pratama yg terdapat di majalah griya asri edisi Agustus 2009 hal 84 – 87 … Kalau boleh saya juga ingin mendapatkan alamat dan no tel Sdr. Andi Pratama.

    Terima kasih.

    • Dear Teddy Punu,
      Anda dapat menghubungi WAHYU AUWNIES di nomor telepon 021-74574415 atau HP 0818933388.
      Semoga bermanfaat dan selamat membangun rumah idaman…
      Terima kasih

    • Dear Novo,
      Silahkan share dengan senang hati, mohon diinformasikan bahwa sumber dari Majalah Griya Asri.
      Terima kasih

    • Dear Bpk. Jhon Hendri,

      Mohon maaf kami belum dapat memberikan Majalah Griya Asri edisi lama secara free.
      Apabila berkenan Bapak dapat berlangganan Majalah Griya Asri selama 1 tahun dengan discount 20%.
      Terima kasih.

Leave a Reply