Santai Sejenak Di Rooftop Bergaya Modern

rooftop modernPemanfaatan fungsi atap menjadi sebuah teras atau taman (rooftop) kini semakin digemari para pemilik rumah. Atap datar pada arsitektur bangunan modern kerap dimanfaatkan menjadi ruang terbuka, taman, ataupun ‘perpanjangan’ area santai secara vertikal. Posisinya yang terletak di puncak bangunan pun memungkinkan pemilik rumah lebih leluasa menikmati lingkungan sekitar.

Seperti yang dilakukan oleh pemilik rumah yang berlokasi di wilayah Ancol, Jakarta Utara ini. Sang arsitek, Julio Julianto, mengolah bagian atap bangunan yang berdiri di atas kaveling seluas 850 meter persegi ini menjadi area outdoor yang dilengkapi sebuah gazebo sebagai area berkumpul dan bersantai.

rooftop modern Senada dengan konsep interior yang dirancang bergaya modern, area rooftop pun didominasi bidang-bidang transparan berupa pintu dan jendela kaca yang mengelilingi void, serta railing kaca yang membatasi area di sekeliling rooftop.

Gaya desain modern juga ditandai dengan minimnya jenis vegetasi yang digunakan. Planter box ditempatkan di sekeliling railing void, sementara sebagian besar lantai ditutup oleh batu koral putih dan stepping stone dari beton yang ditutup potongan kayu.

rooftop modernUntuk menetralkan kesan masif pada area ini, sang arsitek mengaplikasikan potongan kayu pada lantai dan drop ceiling pada area gazebo. Adapun bias cahaya lampu yang dipasang di balik lantai gazebo (indirect lighting) berhasil menciptakan suasana dramatis di malam hari. Sehingga area rooftop menjadi area favorit pemilik rumah untuk berkumpul dan bersantai bersama keluarga.

Foto : Ahkamul Hakim

1 COMMENT

LEAVE A REPLY