Sensasi Bersantap Di ‘Sangkar Burung’

birdcage
Kalau Anda melintasi sepanjang Jalan Wijaya, Jakarta Selatan, perhatian Anda pasti akan tertarik pada sebuah bangunan tiga lantai yang dikelilingi pepohonan rindang dengan ornamen lighting berupa sangkar burung yang tergantung di dahan pohon. Fasad bangunan bergaya modern itu terlihat asri dengan aksen potongan bambu yang dihiasi tanaman rambat sebagai pagar pembatas halaman. Sementara itu, bagian atapnya ditutup dengan bidang transparan berupa kaca tempered untuk memaksimalkan masuknya cahaya matahari sehingga suasana alam yang menenangkan begitu terasa tatkala duduk di area teras.

Suasana serupa ternyata tak jauh berbeda dengan suasana di ruang dalam. Jendela- jendela kaca yang didominasi sebagian besar dinding seakan-akan “merangkul” suasana alam untuk masuk ke dalam sehingga pengunjung tetap dapat menikmati pemandangan meskipun berada di dalam ruangan. Pada salah satu sudut ruangannya bahkan terdapat pohon artifisial yang dilengkapi dengan elemen dekoratif sangkar burung mini. Kehadiran pohon artifisial tersebut merupakan signature restoran yang mewakili tema desain secara menyeluruh.

Restoran berkonsep gastrobar milik dua orang bersaudara ini terbagi menjadi tiga lantai dengan fungsi dan desain yang berbeda. Jika Anda datang untuk sarapan atau sekadar menikmati kopi, Anda dapat memilih duduk di lantai satu. Area ini didesain dengan mengadopsi gaya “feminin” shabby chic yang tampil melalui bentuk furnitur, tablecloth bermotif floral, chandelier sampai ragam elemen dekoratif lainnya.

Kondisi berbeda tampak di area lantai dua yang didominasi oleh warna-warna monokromatik seperti cokelat tua dan hitam. Desain interior di area ini lebih menonjolkan kesan simply modern dengan deretan kaca besar yang mendominasi salah satu sisi bangunan serta penempatan daybed untuk mengakomodasi aktivitas gathering.

Perbedaan desain berikutnya terlihat pada interior dining area di lantai tiga. Pemilik restoran sengaja mengekspos susunan balok pada atap pelana agar ruangan terlihat lebih tinggi. Material finishing dinding dan lantai pada area ini didominasi material kayu, membuat suasana di area ini serasa berada di dalam “rumah koboi”. Adapun sebagian dindingnya dibuat bukaan lebar berupa kaca untuk memanjakan visual pengunjung ke arah pepohonan rindang yang berada di sekeliling bangunan.

Lokasi : Birdcage, Jakarta Selatan

Fotografer : Tri Rizeki Darusman

1 COMMENT

LEAVE A REPLY