Sentuhan Budaya Lokal Pada Desain Roof Garden

Seperti halnya landed garden, taman atap atau populer disebut roof garden pun dapat dirancang dengan gaya atau tema tertentu sesuai selera Anda. Spesifikasi tema justru membuat taman terlihat lebih unik dan personal. Salah satu contoh keunikan desain roof garden diterapkan oleh gedung Grha Persada 2 yang berlokasi di Jakarta Timur.

Sang arsitek lanskap, Ira Puspa Kencana dari Costus Garden menyambut baik keinginan pemilik gedung untuk menciptakan ruang terbuka hijau berkonsep taman tropis yang mengangkat budaya lokal pada lantai teratas bangunan miliknya. Salah satu contohnya adalah bangunan joglo berlanggam Jawa yang dibangun di salah satu area yang berfungsi sebagai tempat duduk dan tempat beraktivitas seperti acara pengajian dan olahraga yoga yang secara rutin dilakukan di sini.

Ornamen furnitur taman berbahan kayu dan material alami lainnya seperti batu alam dan batu bata terakota yang diaplikasikan sebagai penutup lantai dan pelapis dinding merupakan ciri yang ditonjolkan untuk menguatkan karakter tropis lainnya. Kekuatan taman atap bergaya tropis tersebut, merupakan pertimbangan utama untuk menciptakan ruang terbuka hijau yang teduh dan nyaman karena cocok dikembangkan di alam tropis dengan cahaya matahari berlimpah dan intensitas curah hujan yang cukup tinggi, seperti di Indonesia.

Setiap tanaman ditanam secara rapat dan saling melengkapi sesuai dengan karakter tumbuhnya, lalu dikomposisikan secara bergradasi dengan tinggi rendah, tekstur, dan warnanya sehingga menyajikan view yang memesona. Selain pertimbangan unsur estetika, setiap detail penempatan tanaman juga dipertimbangkan kesesuaian tumbuhnya dengan ketersediaan cahaya alami. Misalnya, untuk ground cover, rumput kucai mini ditanam pada lokasi yang terkena naungan, rumput gajah mini ditanam di lokasi seminaungan, dan rumput swiss ditanam di area yang mendapat cahaya matahari maksimal sepanjang hari.

Adapun khusus untuk pohon-pohon besar, ditanam dalam planter beton di sekeliling akarnya dengan diameter tertentu agar perakaran tidak tumbuh terlalu luas serta pohon tidak tumbuh terlalu besar.

Foto : Ahkamul Hakim

LEAVE A REPLY