oleh

Sentuhan Garis Lengkung dalam Interior

Bangunan yang berkesan tegas dengan permainan garis lurus dan bidang geometri dapat dilembutkan melalui pengolahan interiornya. Hal ini seperti dicontohkan melalui karya desainer interior Sita Kamaratih pada sebuah hunian di Jakarta Selatan.

Bangunan dengan luas 500 m2 dirancang oleh arsitek Achmad Noerzaman dengan konsep modern tropis. Dengan bukaan yang lebar dan bidang-bidang transparan yang berfungsi untuk memudahkan limpahan udara dan cahaya matahari masuk ke dalam hunian dinilai sesuai dengan kondisi alam tropis di Indonesia.

Pada hunian ini, bentukan simpel diterapkan mulai dari fasad bangunan, struktur sampai komponen arsitektural lainnya seperti
pada kisi-kisi kayu pembatas ruang. Hal lain yang menjadi ciri khas bangunan modern tropis terdapat pada pemilihan material yang didominasi oleh unsur alam seperti kayu dan batu.

Setelah pekerjaan fisik secara arsitektural selesai, Sita Kamaratih mulai mengolah dan menata interior beberapa ruang yang terdapat pada hunian ini. Beberapa ruang yang ditata diantaranya adalah ruang tamu, ruang keluarga, ruang menonton TV, pantri, ruang makan, dan dapur. Ruang privat diantaranya adalah kamar tidur utama beserta ruang wardrobe dan ruang kerja serta tiga kamar anak dan ruang perpustakaan di lantai dua.

Setelah melakukan observasi di hunian ini, Sita merasa perlu memberikan sentuhan yang berbeda pada interiornya. Sita mengusulkan kepada pemilik rumah mengenai konsep desain interior yang lebih soft melalui ìpermainanî bentuk lengkung dan aplikasi kombinasi warna selain dari gradasi warna cokelat. Sita bermaksud membuat hunian ini terasa lebih dinamis tanpa keluar dari konsep arsitekturalnya.

Bagaimana konsep permainan lengkung itu diaplikasikan? Bagaimana kombinasi warna digunakan dalam interior hunian ini?

Pola lurus pada bidangarsitekturalnya diimbangi dengan elemen pengisi interior seperti bentuk lengkung pada furnitur dan “percikan” warna biru yang seakan-akan menonjol pada ruang yang cenderung monokrom ini.
Dominasi warna putih yang diaplikasikan pada  kabinet dapat memberikan kesan ruang yang lebih ringan.
Warna cokelat yang menjadi palet warna utama dikombinasikan dengan warna biru dan motif floral yang banyak dihadirkan pada soft furnishing seperti pada cover kursi makan.
Untuk desain konsol TV, desainer memilih untuk menerapkan garis lurus berkesan simpel dan tidak terlihat memenuhi ruangan.
Palet warna monokrom dipilih untuk memberikan nuansa ruang personal yang lebih hangat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed