Seperti Apa Pencahayaan yang Tepat di Kamar Tidur Bayi?

Pencahayaan di Kamar Bayi

Penerangan dalam kamar tidur bayi merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan. Layaknya sebuah kamar, ruangan untuk bayi tersebut juga harus diberi pencahayaan yang cukup. Tujuannya, agar aktivitas yang dilakukan, seperti mengganti pakaian atau membereskan lemari dapat dilakukan dengan nyaman. Namun, penerangan di kamar bayi tidak hanya mengenai hal tersebut.

Penerangan dalam ruang ini harus lebih diperhatikan agar tidak memberikan efek buruk pada bayi, terutama mengenai penempatan lampu. Usahakan agar lampu tidak berada tepat di atas tempat tidur atau tempat bayi biasa berbaring. Pastikan juga cahaya lampu tersebut tidak jatuh langsung mengenai mata bayi. Cahaya tersebut dapat membuat silau dan khawatir akan merusak kesehatan mata bayi.

Saat malam, akan lebih baik lampu kamar dimatikan, tetapi meninggalkan bayi sepenuhnya dalam keadaan ruang yang gelap juga mengkhawatirkan bagi orang tua. Karena itu, tambahkan lampu lain, seperti lampu meja atau lampu tempel dengan cahaya yang redup agar tidak mengganggu bayi saat tidur.

Nyalakan lampu tersebut saat malam, cahayanya yang redup akan membuat ruang tidak terlalu gelap dan di saat bersamaan tidak akan membuat bayi takut atau terkejut jika tiba-tiba terbangun di malam hari. Cahaya yang redup itu juga membantu bayi untuk bisa tidur kembali dengan mudah. Sama halnya dengan lampu utama kamar, letakkan lampu tambahan ini tidak terlalu dekat dan pastikan cahayanya tidak langsung mengenai mata bayi.

Tidak jauh berbeda, saat siang hari perhatikan pula sumber cahaya dalam kamar. Tidak ada salahnya bila cahaya matahari masuk ke dalam kamar, tetapi intensitas sinar yang berlebih sebaiknya dibatasi dengan tirai. Tempat tidur bayi sebaiknya juga tidak diletakkan berdekatan dengan jendela agar panas dan sinar matahari tidak langsung mengenainya.

Perlu diingat, bayi tidak sama dengan orang dewasa dan karena itu pula desain kamar harus lebih dipertimbangkan. Dengan memperhatikan letak lampu dan memastikan sumber cahaya dalam kamar, bayi tidak hanya dapat tidur dengan nyaman, tetapi juga memastikan kesehatan dan perkembangannya tidak terganggu, terutama untuk kesehatan matanya.

Foto: Ifran N.

LEAVE A REPLY