oleh

Shady Exotic Garden

-Taman-2.644 views

Rumah dua lantai bergaya American Classic yang diarsiteki pemiliknya sendiri ini dibangun tahun 1996 di atas lahan seluas 400 m² .Konsep taman dilatarbelakangi kesenangan pemilik terhadap tanaman sebagaimana tumbuh di habitat aslinya.

Pohon-pohon khas pegunungan ditanam di sepanjang pagar transparan yang rendah. Pohon yang membentuk kanopi dan iklim mikro kota Bogor membuat lingkungan semakin teduh. Percabangan pohon dibiarkan menjulur dan menggelayut ke berbagai arah sehingga terlihat liar tetapi tetap eksotis.

Perkembangan tanaman ini dengan sendirinya mengubah pola dan komposisi tanaman. Batang-batang yang semakin meninggi “dihiasi” dengan tanaman epifit supaya tidak terlihat kosong. Spora pakis-pakisan tumbuh liar dan tersebar di beberapa sudut taman.

Pemandangan hijau dibentuk oleh beberapa jenis tanaman yang menyukai suasana teduh minim cahaya. Namun, untuk memberikan aksen warna, sekali-sekali ditempatkan tanaman bunga semusim dalam pot-pot hias yang mudah dipindahkan dan diganti sesuai dengan kebutuhan.

Di area yang bersinggungan dengan bangunan terpapar sinar matahari hampir sepanjang hari memberikan peluang lebih banyak untuk “bermain” dalam detail softscape dan hardscape-nya. Sebuah kolam ikan, kolam (pond) serta beberapa jenis tanaman yang memiliki keindahan bunga seperti bakung, soka dan teratai menghiasi area ini. Permukaan tanah yang berkontur turut mencerminkan suasana di pegunungan.

Sentuhan personal berupa pot-pot hias dan patung-patung merupakan wujud apresiasi dan kepribadian sang pemilik rumah yang sangat menyukai taman. Taman yang adem dan eksotis, merupakan sebuah tempat favorit untuk keluarga berkumpul dan tempat bercengkerama seperti yang selama ini dimimpikan oleh pemilik rumah.

Lokasi: Kediaman Keluarga Ita dan Tata di Pakuan – Tajur, Bogor
Arsitek Lanskap: Ita Burhan dari Indra Tata Adilaras
Arsitek: Tata dari Indra Tata Adilaras
Penulis: Viva Rahwidhiyasa
Fotografer: Ahkamul Hakim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed