Showroom Ban Yang Bercerita

showroom-gt-03

Ban, salah satu komponen kendaraan, memiliki kesan yang kotor. Showroom ban juga sering identik dengan sesuatu yang fungsional dan jauh dari nilai estetika. Akan tetapi, di tangan Agus Iswahyudi, hal tersebut tidak berlaku.

showroom-gt-09

Agus Iswahyudi merancang ruang pamer Gajah Tunggal yang ada di Pabrik Pusat GT Radial, Kawasan Industri Jatake ini layaknya merancang sebuah galeri. Kawasan perusahaan memang memiliki kesan yang sangat industrial, tapi showroom ini berkesan modern.

showroom-gt-07

Dengan tema ‘The Journey’, Ia menjadikan tempat ini sebagai media untuk menceritakan perjalanan panjang perusahaan. Dengan tema tersebut dan nuansa yang dihasilkan, Agus lebih memillih karyanya ini disebut galeri daripada showroom.

showroom-gt-05

Dalam merancang galeri ini, Agus memilih untuk menerapkan gaya kontemporer untuk menghasilkan kesan yang elegan, hangat, unik, dan menyenangkan. Ia juga ingin menghilangkan kesan keras dan industrial.

showroom-gt-04

Dalam menampilkan produk, Agus ingin agar ban dapat dilihat layaknya karya seni. Oleh karena itu, desainer ini juga berusaha menampilkan suasana yang ramah dan juga berkelas.

Galeri seluas 580m2 ini dibagi menjadi empat bagian.

showroom-gt-02

Bagian yang pertama terletak di bagian depan. Bagian ini adalah tempat untuk menampilkan produk-produk terbaru dan juga bisa digunakan sebagai area peluncuran produk. Area ini dibuat dengan bentuk-bentuk lengkung agar menimbulkan kesan dinamis.

showroom-gt-12

Bagian yang kedua adalah area sejarah perusahaan yang terletak di dinding sebelah kiri galeri dan dilengkapi dengan instalasi yang menjelaskan sejarah perusahaan. Area ini dibuat dengan bentuk acak dan terdapat instalasi yang terbuat dari barang-barang bekas.

showroom-gt-06

Yang berikutnya adalah area presentasi atau seminar. Area ini diletakkan di sebelah kanan galeri sehingga pengunjung dapat melihat ruang pamer sebelum mengikuti seminar. Bentuk yang digunakan untuk area ini adalah bentuk lurus.

showroom-gt-10

Satu bagian lagi terletak di bagian galeri yang paling dalam. Area ini merupakan area penjelasan teknis proses pembuatan ban di pabrik. Sama seperti area presentasi, area ini dirancang dengan menggunakan bentuk-bentuk lurus.

showroom-gt-11

Walaupun terdapat berbagai fungsi dalam galeri, secara keseluruhan galeri ini memiliki satu fungsi utama. Fungsi tersebut adalah sebagai tempat untuk menampilkan produk secara sederhana dan komunikatif. Sedangkan fungsi lainnya untuk mendukung dan menjelaskan produk-produk yang ada.

showroom-gt-08

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY