“Si Cantik” Alamanda untuk Taman di Rumah

alamanda untuk taman

Di Indonesia, tanaman ini sering terlihat merambat di sisi pagar, kanopi, atau memenuhi taman rumah. Secara visual, tentunya sudah tak asing lagi. Namun, apakah Anda tahu nama tumbuhan ini? Tak berbeda jauh dengan tampilan bunganya, tanaman ini juga memiliki nama yang cantik, yaitu Allamanda cathartica atau bunga alamanda.

Bunga yang berasal dari daratan Amerika Selatan dan Tengah ini memiliki warna kuning cerah dengan bentuk menyerupai terompet. Karena itu, tanaman rambat ini juga dikenal dengan nama bunga terompet emas. Terdapat tiga spesies dari bunga ini, yakni Allamanda nerrifolia berwarna kuning cerah, Allamanda cathartica berwarna kuning, dan Allamanda purpureceae berwarna kuning keunguan. Namun, dengan adanya perkembangan budidaya, kini alamanda memiliki varian warna yang lebih beragam, seperti putih, oranye, ungu, dan merah muda.

alamanda untuk taman

Proses penanaman dan perawatannya pun tergolong mudah. Alamanda dapat dikembangbiakkan dengan biji, stek, atau cangkok. Umumnya, di Indonesia stek dan cangkok merupakan cara perbanyakan yang biasa digunakan. Sementara untuk perawatan, pastikan tanaman ini mendapat sinar matahari yang cukup dan disiram secara teratur.

Cahaya matahari dan penyiraman merupakan dua faktor yang penting dalam pertumbuhan alamanda. Dengan adanya kedua faktor tersebut, tumbuhan ini dapat berbunga dengan baik hingga mencapai ketinggian 2m. Selain itu, kemudahan lainnya yang sekaligus keuntungan merawat bunga ini ialah sifatnya yang dapat berbunga sepanjang tahun.

Foto: Ifran Nurdin

*dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY