Simple Tropical Design

Desain hunian tropis merupakan konsep yang paling cocok untuk diterapkan di daerah beriklim tropis, seperti di Indonesia. Hunian yang kami liput ini memiliki konsep tropis dengan garis desain yang simpel.

Konsep desain hunian tropis dicirikan dengan adanya selasar atau teras yang cukup lebar, beratap miring dan setiap ruangan memiliki bukaan yang memadai. Hal itu dibuat agar dapat memperoleh cahaya matahari serta sirkulasi udara yang baik. Ciri-ciri seperti itu yang tampak pada hunian seluas 320 m2 ini.

Sang pemilik rumah yang berjiwa muda menginginkan garis desain yang simpel dan modern pada huniannya. Keinginan itu langsung terlihat dari bagian fasad hunian yang memiliki teras dan selasar. Bukaan-bukaan lebar yang diseimbangkan dengan aplikasi kisi-kisi kayu disusun secara vertikal, nampak pada beberapa sisi bangunan.

Pengunaan kisi-kisi kayu itu dilakukan untuk meredam terik cahaya matahari agar tidak sepenuhnya masuk ke dalam ruangan. Untuk menguatkan kesan hunian tropis, sang pemilik menggunakan beberapa pohon palem yang ditanam di bagian taman depan.

Pada bagian samping hunian, terdapat area kolam renang yang menjadi pusat orientasi visual bagi ruang keluarga dan kamar tidur utama. Ruang makan yang berada di bagian dalam hunian, diupayakan untuk mendapatkan pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang baik dengan dihadirkannya taman kering berukuran kecil.

Sang pemilik sengaja meminimalkan penggunaan sekat untuk menyiasati lahan yang terbatas. Terdapatnya void di lantai dua pada ruang keluarga serta adanya bukaan-bukaan kaca yang berukuran lebar dengan pemandangan menghadap ke arah taman maupun kolam renang, menciptakan kesan lapang pada hunian ini.

Adapun pemilihan warna cat dinding yang didominasi oleh warna-warna natural serta didukung dengan tata cahaya kekuningan dan penggunaan unsur fabric pada sebagian besar ruangan, mampu menghadirkan nuansa hangat dan nyaman pada rumah ini. Sebuah contoh keberhasilan yang sangat inspiratif dalam menyajikan hunian dengan desain berkonsep simple tropical yang apik.

Lokasi : Kediaman Keluarga Adyaksa & Oelistyani di Terrace Garden, Citragran, Cibubur
Pengembang : Grup Ciputra
Disadur dari artikel: Okita Sisy di Majalah Griya Asri

 

SHARE
Previous articleRancang Sendiri Kamar Tidurmu!
Next articleSekelumit Kisah Lukisan Abstrak
Adhitya Pratama
Penyusun kata di meja redaksi umum yang suka bersepeda di kala senja dan ngefans dengan band Radiohead. Ia selalu menghayati kutipan dari Pramoedya Ananta Toer bahwa “Menulis adalah sebuah keberanian...”

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY