Sliding Door, Jenis Pintu yang Cocok untuk Menghemat Ruang

Sliding Door untuk Rumah

Dengan semakin berkembangnya dunia desain, pintu juga bisa dikreasikan. Salah satunya yang sudah dikenal ialah dengan membuat alternatif sistem bukaan pintu. Bila biasanya pintu dibuat dengan model buka tutup, kini pintu dapat tampil berbeda dengan cara digeser atau yang disebut dengan sliding door. Sudah tahu, bukan?

Pintu dengan sistem seperti ini barangkali terdengar biasa saja. Namun, jangan salah, sliding door tersebut memiliki manfaat lain, loh! Misalnya saja, menggunakan pintu geser dapat lebih menghemat ruang. Dengan kata lain, pintu jenis ini sangat cocok untuk rumah dengan lahan terbatas. Materialnya yang beragam juga dapat memberi kesan tersendiri bagi interior ruangan.

Sliding Door untuk Rumah

Ada yang mendesainnya dengan kayu atau dipadukan dengan kaca. Sistem geser ini pun tidak hanya bisa diterapkan sebagai pintu, tetapi juga jendela, pintu pada lemari, dan sekat. Terbayang bukan, bila sekat menggunakan pintu geser yang dipadukan dengan kaca, saat tirai dibuka, ruangan seolah tidak memiliki pembatas dan terasa lebih lapang. Dengan sistem geser, sekat tersebut juga tidak akan memakan banyak space sehingga ruangan dapat dipisahkan tanpa menimbulkan kesan sesak dan penuh. Sementara saat berperan sebagai pintu rumah, sliding door yang dipadukan dengan kaca tersebut dapat memberi view ke arah luar yang lebih luas.

Namun, menggunakan pintu jenis ini, berarti Anda harus siap dengan biaya yang lebih besar. Selain itu, perawatannya perlu diperhatikan, terutama kondisi jalur rel (railing) dan rodanya. Hal ini penting agar pintu terhindar dari masalah, seperti macet atau sulitnya proses menggeser dan berkarat. Pertimbangkan pula, tatanan interior ruangan secara keseluruhan, pilih material, warna, dan model pintu yang sesuai dan mampu meningkatkan estetika.

Foto: Ahkamul Hakim

LEAVE A REPLY