Solusi Bocor di Pertemuan Atap dan Dinding

9360+9361

Pernahkah Anda melihat ada jejak air mengalir pada dinding Anda? Ini adalah salah satu tanda bahwa adanya kebocoran pada sambungan bangunan.

Kebocoran ini kerap terjadi pada sisi dinding yang berbatasan langsung dengan dinding tetangga. Di sisi dinding tersebut terdapat sambungan atap dan dinding yang jika bocor akan mengakibatkan adanya aliran air.

Kebocoran ini dapat diperbaiki dengan cara yang sederhana. Salah satunya adalah dengan menambahkan talang atau lapisan baru di bawah penutup atap.

Untuk melakukannya, pasang talang di bawah penutup atap secara overlapping sebesar 10 cm. Tempelkan tekukan talang ke dinding serapat mungkin.

Setelah itu, di atas talang tuang adonan semen kedap air dengan perbandingan semen:pasir:air sebesar 1:2:3. Lapisi semua permukaan talang.

Kemudian, setelah adonan semen mengering, berikan lapisan waterproof di permukaan semen tersebut. Lapisan waterproof yang digunakan bisa berupa plester lembaran yang direkatkan pada celah atap dan dinding.

Di atas lapisan tersebut, pasang kembali penutup atap.

Cara sederhana tersebut akan menghentikan kebocoran yang terjadi pada pertemuan atap dan dinding. Untuk menghindari kebocoran yang sama terjadi lagi, Anda harus melakukan pelapisan waterproof secara berkala. Anda bisa melakukannya sekali setahun.

Pada saat melakukan pelapisan berkala, cek pula lapisan semen. Perhatikan apakah ada bagian yang retak. Retakan ini juga dapat membuat kebocoran terjadi kembali.

Selamat memperbaiki kebocoran tersebut!

 

LEAVE A REPLY